dc.description.abstract | Memiliki kemampuan mengemukakan ide atau gagasan secara langsung (intuitif) dan pemahaman konsep menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Dalam mengemukakan ide atau gagasan tentunya didasari dengan pemahaman konsep yang baik. Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan dalam memahami, menerangkan serta menginterpretasikan ide atau gagasan. Tentunya dalam setiap peserta didik memiliki tingkat kemampuan mengemukakan ide dan pemahaman konsep berbeda-beda. Kemampuan pemahaman konsep menjadi bagian dasar untuk mempermudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir intuitif (mengemukakan ide) tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Setiap karakter memiliki keunikan dan cara masing-masing dalam memahami sebuah konsep pembelajaran. Maka dari itu pemahaman konsep menjadi salah satu yang terpenting dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan cara peserta didik menyelesaikan soal pemahaman konsep berdasarkan kemampuan berpikir intuitif catalic inference, power of synthesis dan common sense pada materi bilangan bulat kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni peserta didik kelas VII I SMP Negeri 2 Malang. Peneliti memilih tiga subjek berdasarkan tulisan serta hasil tes kemampuan berpikir intuitif peserta didik. Prosedur dalam pengumpulan data yaitu dengan tes, wawancara dan observasi. Instrumen pendukung yang digunakan diantaranya adalah tes kemampuan berpikir intuitif, tes pemahaman konsep dan pedoman wawancara. Validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik yaitu dengan cara membandingkan hasil tes dengan hasil wawancara.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan sebagai berikut. 1) cara peserta didik dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemahaman konsep berdasarkan kemampuan berpikir intuitif peserta didik kelas VII pada materi bilangan bulat yaitu : a) peserta didik dengan kemampuan berpikir intuitif catalic inference tidak mampu menyelesaikan soal dengan tepat artinya belum mampu memenuhi enam indikator pemahaman konsep, b) peserta didik dengan kemampuan berpikir intuitif power of synthesis mampu menyelesaikan soal dengan tepat meskipun terdapat satu kesalahan dalam proses penyelesaian artinya memenuhi lima dari enam indikator pemahaman konsep, c) peserta didik dengan kemampuan berpikir intuitif common sense mampu menyelesaikan soal dengan tepat dan rinci artinya mampu memenuhi enam dari enam indikator pemahaman konsep. 2) tingkat kemampuan pemahaman konsep berdasarkan kemampuan berpikir intuitif peserta didik kelas VII pada materi bilangan bulat yaitu : a) peserta didik dengan kemampuan berpikir intuitif catalic inference mendapatkan hasil nilai 50 yang artinya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum serta masuk dalam kategori pemahaman konsep rendah, b) peserta didik dengan kemampuan berpikir intuitif power of synthesis mendapatkan hasil nilai 90 yang artinya telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum serta masuk dalam kategori pemahaman konsep tinggi, c) peserta didik dengan kemampuan berpikir intuitif common sense mendapatkan hasil nilai 100 yang artinya telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan masuk dalam kategori pemahaman konsep tinggi.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Intuitif, Bilangan Bulat. | en_US |