UT - Faculty of Islamic Studies: Recent submissions
Now showing items 941-960 of 1574
-
Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu (Studi Kasus di Dusun Krajan Tuban)
(Universitas Islam Malang, 2022-07-14)Orang tua merupakan guru pertama dan utama terhadap perkembangan anak baik itu fisik maupun psikis. Dalam hal ini orang tualah yang berperan besar dalam membantu perkembangan anak, tidak terkecuali masalah pelaksanaan ... -
Penerapan Metode Tilawati Dalam Memperlancar Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-11)Pembelajaran Al-Qur’an saat ini telah ditempuh melalui pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan non formal (masyarakat). Pada jalur formal yakni di sekolah, Al-Qur’an telah masuk menjadi sub mata pelajaran dalam ... -
Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Budaya Religius di Sekolah SMK Ma’arif Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2022-06-22)Penerapan budaya keagamaan dilingkungan sekolah merupakan salah satu upaya pendidikan untuk melaksanakan pendidikan karakter. Materi pendidikan agama yang ada pada sekolah-sekolah umunya dikenal dengan mata pelajaran PAI, ... -
Implementasi Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-30)Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik dengan mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi ... -
Pengaruh Sirkuit Bongkar Pasang terhadap Fisik Motorik Anak Kelompok A di RA TaufiqiyahKecamatan Ngajum Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-28)Perkembangan motorik anak berkaitan dengan kemampuan dalam menggerakkan tubuh secara sebagian/keseluruhan. Anak dapat mengontrol geraknya melalui bermain, sehingga kegiatan bermain dalam mengembangkan fisik motorik ... -
Upaya Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru di Raudhatul Athfal Diponegoro Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-23)Guru sebagai pelayan pendidikan dituntut untuk memiliki berbagai keahlian serta keterampilan untuk mewujudkan generasi peserta didik yang unggul sehingga keberhasilan pendidikan pengaruh terhadap kompetensi yang dimiliki ... -
Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di Era Digital
(Universitas Islam Malang, 2022-07-07)Adanya perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dapat menyebabkan terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat, atau yang disebut dengan degradasi moral. Segala ... -
Pengaruh Menggambar Bebas terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B di TA AL Kautsar Kota Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-07)Anak usia dini yang berada di TA AL Kautsar Kota Malang sudah bisa mengembangkan gambar bebas sesuai dengan keinginan, kemampuan serta imajinasinya, sehingga anak bisa berkreativitas sesuai dengan apa yang diinginkannya ... -
Peran Orang Tua dalam Pembelajran Blended Learning di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalgono
(Universitas Islam Malang, 2022-07-07)Pendidikan anak usia dini sangatlah penting karena dengan pendidikan anak bisa mengetahui perbuatan baik dan buruk, akan tetapi setiap orang memiliki watak yang terus berubah dan anak memilik karakter yang berbeda-beda. ... -
Implementasi Permainan Tebak Kata dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Tunas Mulia Dua Desa Pandanlandung Kecamatan Wagir Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-14)Anak usia dini adalah generasi penerus bangsa yang memiliki peran istimewa, sehingga pendidikan untuk anak usia dini menjadi kebutuhan penting bagi semua pihak. Pandangan Masyarakat tentang pendidikan anak usia dini terbaik ... -
Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Rendah SD Negeri 1 Karangpandan Kecamatan Pakisaji Tahun Pelajaran 2021/2022
(Universitas Islam Malang, 2022-06-30)Era pandemi yang menyebabkan sekolah menjadi daring dan orang tua mengambil peranan penting dalam pendidikan anak. Guru hanya berfungsi menjadi pemantau dan pemberi tugas. Dua tahun telah dilalui Indonesia dengan menjalankan ... -
Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Sikap Nasionalisme adalah bentuk upaya siswa dalam mengungkapkan atau mengekspresikan atas kecintaan dirinya terhadap tanah air. Definisi Nasionalisme secara operasional dapat diungkapkan melalui sikap siswa. Penanaman ... -
Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MI Roudlotun Nasyi’in Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Self Regulated Learning memiliki pengaruh besar bagi siswa maupun lingkungan sekitar. Dengan menerapkan Self Regulated Learning, siswa dituntut untuk memiliki pemikiran yang mandiri, menghadapi permasalahan secara mandiri ... -
Penggunaan Media Alfabet Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelas 1 MI Tarbiyatul Huda Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-08)Membaca merupakan jendela untuk bisa mendapat ilmu dunia yang lain. Membaca merupakan proses untuk menerima pesan, dan untuk berkomunikasi dengan diri sendiri atau orang lain. membaca yaitu memahami arti makna yang terdapat ... -
Analisis Bahasa Tubuh Guru Sekolah Dasar di Channel Youtube Sigit Wahyono
(Universitas Islam Malang, 2022-06-08)Pengelolaan pembelajaran yang baik yaitu salah satunya didukung oleh faktor mengajar seorang guru, khususnya bahasa tubuh yang digunakan. Guru yang dapat menggunakan bahasa tubuh dengan baik dapat menciptakan suasana ... -
Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Kalipuro
(Universitas Islam Malang, 2022-04-13)Proses pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara konvesional, namun secara tiba-tiba diharuskan dilaksanakan secara daring, tentu membutuhkan banyak persiapan dan menimbulkan banyak kendala. Dalam proses pembelajaran ... -
Penanaman Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jatiguwi Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-08)Pendidikan merupakan kegiatan yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari karena pendidikan termasuk dalam kehidupan nyata yang dilakukan oleh peserta didik. Pendidikan juga merupakan proses belajar dan mengajar ... -
Implementasi Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas III di MI Al- Hidayah Kasembon Bululawang Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menjelaskan tema- tema yang sudah di tentukan sesuai dengan kurikulum dan di implementasikan bagi anak yang berada pada rentang usia dini (7-11) atau lebih, berada pada ... -
Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswi Kelas 1 di MI Attaraqqie Putri Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-08)CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) termasuk strategi pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran ini diterapkan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Strategi pembelajaran ... -
Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Thoriqoty di Sekolah MI Plus Al-Fatimah Kota Bojonegoro
(Universitas Islam Malang, 2022-07-11)Pendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Setiap peserta didik mempunyai keunikannya masing-masing, dengan karakter yang berbeda-beda. Kegiatan pendidikan mencakup pendidikan formal ...