Analisa Tundaan Akibat Penutup Palang Pintu Kereta Api (Ruas Jalan Sultan Agung Desa Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang)

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyanti, Fitria Indah Dwi
dc.date.accessioned 2022-08-09T04:05:33Z
dc.date.available 2022-08-09T04:05:33Z
dc.date.issued 2022-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4859
dc.description.abstract Perlintasan yang terbentuk dari pertemuan antara dua jenis prasarana transportasii yaiitu jalan raya dengan jalan rel merupakan bentuk pertemuan yang sering menimbulkan tundaan, seperti pada perlintasan di jalan Sultan Agung Desa Kepanjen Kabupaten Malang ini merupakan jalan dengan tipe jalan 2 lajur 2 arah yang sering terjadi kemancetan akbat penutupan palang pintu kereta api, dengan analisis di maksudkan untuk memberi masukan semua pihak yang terkait, sehingga jalani tersebut tidak terjadi kemancetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tundaan dan panjang antrian kendaraan pada masing-masing lajur yang terjadi akibat penutup perlintasan kereta api. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data Primer didapat dengan cara survei langsung di lokasi penelitian meliputi survei kondisi dan geometrik jalan, survei geometik dan titik pengamatan pertama sampai ketiga, sedangkan data sekunder didapat dari jadwal kedatangan kereta api. Untuk Perhitungan Tundaan, Kerapatan, Kecepatan, dan volume ini mengacu pada Pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesiia 1997 dan menggunakan Metode Greenshield untuk menganalisis hubungan Kecepatan dengan Kerapatan, Volume dengan Kecepatan. Berdasarkan hasil analisa menggunakan Pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesiia 1997 didapatkan durasi penutup terlama terjadi di hari ke 5 (Jum’at) pukul 14.49 selama 4 menit 44 detik dan durasi penutup tercepat tejadi di hari ke 7 (Minggu) pukul 16.55 selama 3 menit 56 detik. Volume arus lalu lintas maksimal pada hari Sibuk terjadi pada hari Jum’at pada pukul 11.15 sebesar 2681,6 smp/jam dan volime lalu lintas maksimal pada hari Libur terjadi pada hiri Minggu pukul 15.45 sebesar 2797,6 smp/jam. Kecepatan Kendaraan melintas setelah kereta api melintas terlama terjadi pada hari Senin selama 16.56 menit dan yang tercepat terjadi pada hari Rabu selama 14.14 menit. Kerapatan terpanjang terjadi pada hari Minggu sebesar 174,8 meter dan terpendek terjadii pada harii Selasa sebesar 133,6 meter. Sedangkan hasil menggunakan metode Greenshield hubungan Kecepatan dengan Kerapatan nilai terbesar terjadi pada hari Selasa sebesar 56,3 km/jam dan nilai terkecil terjadi pada hari Kamis sebesar 51,6 km/jam. Hubungan Volume dengan Kecepatan nilai terbesar terjadi pada hari Minggu sebesar 9445,9 smp/jam dan nilai terkecil terjadi pada hari Selasa sebesar 5786,8 smp/jam. Kata Kunci: Tundaan, Panjang Antrian, MKJI 1997, Metode Greenshield. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Teknik en_US
dc.subject Teknik Sipil en_US
dc.subject Tundaan en_US
dc.subject Panjang Antrian en_US
dc.subject MKJI 1997 en_US
dc.subject Metode Greenshield en_US
dc.title Analisa Tundaan Akibat Penutup Palang Pintu Kereta Api (Ruas Jalan Sultan Agung Desa Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account