Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi pada Mahasiswa UNISMA Pengguna GrabBike di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna transportasi ojek online studi pada Mahasiswa Unisma pengguna layanan Grabbike di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan jumlah sampel yang menggunakan rumus malhotra dan didapatkan hasil sebanyak 70 responden. metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis ( uji F dan uji t), uji koefisien determinasi pengelolahan datanya menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini secara simultan menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan dan secara parsial menyimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel persepsi harga dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: kualitas pelayanan, persepsi harga, citra merek, kepuasan pelanggan.