Show simple item record

dc.contributor.authorSetyarini, Eka
dc.date.accessioned2022-08-15T03:40:36Z
dc.date.available2022-08-15T03:40:36Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4918
dc.description.abstractPemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif sangat penting dimiliki oleh peserta didik meskipun kemampuan-kemampuan yang lainnya juga harus dimiliki. Bukan hanya dimiliki, tetapi juga harus diasah agar pemahaman dan kemampuan yang dimiliki meningkat. Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik, karena dapat melatih peserta didik untuk menjelaskan konsep, keterkaitan antar konsep, mengaplikasikan konsep atau algoritma secara tepat dalam pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kreatif juga kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik, dengan peserta didik mempunyai kemampuan berpikir kreatif maka peserta didik akan mempunyai berbagai cara untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV terkait dengan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan tingkat kepercayaan diri dan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif yang mempunyai kepercayaan diri tingkat tinggi, sedang, dan rendah pada materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Dau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Dau. Prosedur pengumpulan data yakni menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik dengan kategori dua peserta didik dengan kepercayaan diri tinggi, dua peserta titik dengan kepercayaan diri sedang, dan dua orang dengan kepercayaan diri rendah yang terpilih berdasarkan tingkat kepercayaan diri. Validasi data menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kreadibitas data dengan cara membandingkan hasil tes pemahaman konsep matematis, kemampuan berpikir kreatif dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) subjek dengan kategori kepercayaan diri tinggi memiliki dua tingkat pemahaman konsep matematis yaitu yang subjek pertama mempunyai pemahaman konsep matematis yang sangat baik dan subjek kedua mempunyai pemahaman konsep matematis baik. Pada kemampuan berpikir kreatif kedua subjek sama-sama memiliki kemampuan berpikir kreatif baik. 2) subjek dengan kategori kepercayaan diri sedang memiliki dua tingkat pemahaman konsep matematis yaitu yang subjek pertama mempunyai pemahaman konsep matematis kurang dan subjek kedua mempunyai pemahaman konsep matematis kurang. Sedangkan pada kemampuan berpikir kreatif kedua subjek sama-sama mempunyai kemampuan berpikir kreatif kurang. 3) subjek dengan kategori kepercayaan diri rendah yaitu kedua subjek sama-sama mempunyai tingkat pemahaman konsep matematis kurang dan pada kemampuan berpikir kreatif juga sama-sama mempunyai kemampuan berpikir kreatif kurang. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kepercayaan Diri, SPLDV.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectPemahaman Konsep Matematisen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectKepercayaan Dirien_US
dc.subjectSPLDVen_US
dc.titleAnalisis Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Dauen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record