Show simple item record

dc.contributor.authorNahdia, Nasiyatun
dc.date.accessioned2022-08-15T03:55:10Z
dc.date.available2022-08-15T03:55:10Z
dc.date.issued2022-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4925
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar matematika terkhusus dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Dengan peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita matematika, maka akan mampu melibatkan aktivitas interpretasi, analisis, evaluasi serta inferensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Surya Buana Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga peserta didik dengan kategori satu orang dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, satu orang dengan kemampuan berpikir kritis sedang, dan satu orang dengan kemampuan berpikir kritis rendah. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik, yaitu dengan mengaitkan hasil tes dan hasi wawancara pada sumber yang sama. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap yakni indikator interpretasi (interpretation)dan analisis (analysis). 2) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap diantaranya interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference). 3) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis rendah, juga tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap diantaranya interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita Matematika, Program Linearen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectSoal Cerita Matematikaen_US
dc.subjectProgram Linearen_US
dc.titleKemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Kelas XI SMA Surya Buanaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record