dc.description.abstract | Pendidikan nilai-nilai moral dan keagamaan pada program Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya, dan jika hal itu
telah tertanam dengan pada usia sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi
pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu pembiasaan
pengamalan nilai-nilai moral harus sudah mulai dibiasakan pada tingkat Raudlatul Athfal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Perencanaan Pembiasaan
Nilai-nila Moral Agama Pada Anak Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul
Huda Malang (2). Bagaimana pelaksanaan Pembiasaan Nilai-nila Moral Agama Pada Anak
Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul Huda Malang. (3) Bagaimana
Monitoring dan Evaluasi Pembiasaan Nilai-nila Moral Agama Pada Anak Kelompok B (usia 5-
6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul Huda Malang.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Pembiasaan
Nilai-nila Moral Agama Pada Anak Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul
Huda Malang. (2) Untuk Medeskripsikan Pelaksanaan Pembiasaan Nilai-nila Moral Agama Pada
Anak Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul Huda Malang . (3) Untuk
Mendeskripsikan Monitoring dan evaluasi pembiasaa Nilai-nila Moral Agama Pada Anak
Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul Huda Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan
prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi yaitu pengamatan
langsung di di Raudhatul Athfal Nurul Huda, teknik wawancara dilakukan dengan wawancara
tidak terstruktur serta teknik dokumentasi dengan pengambilan dokumentasi berupa foro,
catatan dan dokumen-dokumen yang ada di Raudhatul Athfal Nurul Huda yang terkait dengan
penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa upaya pengamalan nilai-nilai moral agama di
sentra balok pada anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Nurul Huda
Kabupaten Malang dilakukan melalui tahap perencanaan nilai-nilai moral agama, pelaksanaan
nilai-nilai moral agama, serta monitoring dan evaluasi nilai-nilai moral agama. Pada tahap
perencanaan nilai-nilai moral agama pada anak kelompok b (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal
Nurul Huda Malang dilakukan dengan memperhatikan Visi dan Misi, Tatatertib, dan Program
kerja yang berisi tentang pembentukan nilai-nilai moral pada anak. Pada tahap pelaksanaan
nilai-nilai moral agama pada anak kelompok b (usia 5-6 tahun) di Raudhatul Athfal Nurul Huda
Malang dilakukan dengan pembiasaan, proses penilaian, pengelolaan data, dan pelaporan.
Sedangkan pada tahap Monitoring dan Evaluasi nilai-nila moral agama pada anak kelompok b
(usia 5-6 tahun) dilakukan dengan melakukan pembalajaran dan monitoring itu sendiri yang
dilaksanakan secara harian, mingguan, bulanan, semester, serta pelaporan semester.
Hal-hal yang perlu diperhatkan sebagai saran yaitu Dalam perencanaannya di RA Nurul
Huda lebih memberbanyak perencanaan pada sebuah kegiatan yang bisa lebih efektif dalam
pembentukan dan penanaman nilai moral pada anak apalagi dengan penambahan media bermain,
Pelaksanaannya dalam pembentukan dan penanaman nilai moral agama lebih ditekankan kepada
sebuah kegiatan yang menyenangkan, serta diharapkan adanya sistem evaluasi tahunan yang di
terapkan oleh RA Nurul Huda serta monitoring yang lebih jelas dengan pembentukan tim antara
guru dan orang tua untuk pembentukan dan penanaman nilai agama pada anak.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Moral Agama, Sentra Balok , Anak Usia Dini | en_US |