dc.description.abstract | Drum brake adalah salah satu jenis rem yang banyak diaplikasikan pada kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Pada drum brake biasanya dibuat lubang pada bagian permukaannya dengan tujuan supaya proses pengereman didapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian lubang pada drum brake terhadap kinerja dan laju keausan kanvas rem. Jumlah lubang pada drum brake yang divariasikan pada penelitian ini adalah 0, 2, 4, 8 dengan diameter lubang 8 mm dan variasi kecepatan 30, 40, 50 km/jam. Pengujian dilakukan secara eksperimen dengan menguji langsung drum brake pada kendaraan dan dilakukan uji jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata keempat variasi jumlah lubang terhadap kinerja pengereman Daihatsu Terios, ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata ketiga variasi kecepatan terhadap kinerja pengereman Daihatsu Terios dan ada pengaruh interaksi antara variasi kecepatan dengan variasi jumlah lubang drum brake terhadap kinerja pengereman Daihatsu Terios. Tidak ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata ketiga variasi jumlah lubang terhadap laju keausan kanvas rem Daihatsu Terios dan tidak ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata kecepatan terhadap laju keausan kanvas rem Daihatsu Terios. Semakin banyak jumlah lubang pada drum brake maka jarak pengereman akan semakin panjang dan sebaliknya, semakin banyak lubang pada drum brake maka volume keausan akan berkurang.
Kata kunci : Drum brake, Variasi Lubang, Kinerja Pengereman, Laju Keausan | en_US |