Pengaruh Citra Perusahaan, Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di Kursus Mengemudi Private Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Perusahaan, Penetapan Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah pembagian kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan 88 orang menggunakan metode linier berganda.
Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan sebelumnya, secara parsial menunjukkan bahwa variabel citra perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikan 0,934 > 0,050 dan juga thitung < ttabel (0,083 < 1,992). Variabel penetapan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikan 0,007 < 0,050 dan juga thitung > ttabel (2,759 > 1,992). Kemudian untuk variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikan 0,000 < 0,050 dan juga juga thitung > ttabel (8,368 > 1,992). Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel citra perusahaan, penetapan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut dibuktikan dengan taraf signifikan 0,000 < 0,050 dan juga Fhitung > Ftabel (77,153 > 2,712).
Kata Kunci: Citra Perusahaan, Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan