dc.description.abstract | Pembelajaran Al Qur’an harus dikenalkan sejak dini, karena Al Qur’an merupakan sumber pegangan hidup umat Islam. Metode yang tepat dipilih oleh pendidik untuk mengajarkan Al Qur’an sejak dini. Metode An Nashr mengenalkan Al-Qur’an agar anak mengerti Al-Qur’an dan memahami maknanya dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Metode An Nashr merupakan metode pembelajaran Al-Qur’an dengan pengulangan, sehingga anak hanya mengulang-ulang 1 sampai 2 kalimat dalam satu harinya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan metode An Nashr dalam pembelajaran, tahapan dalam pembelajaran serta efektifitas metode tersebut untuk anak usia dini. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, tahapan pelaksanaan serta efektifitas metode An Nashr dalam pembelajaran Al Quran untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di RA An Nashr Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Penelitian dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, perpanjangan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data (credibility) yang mencakup perpanjangan pengamatan, dan triangulasi Perencanaan pembelajaran Al Qur’an untuk anak usia dini dengan metode An Nashr terdapat pada dokumen SOP (Standart Opersional Prosedur) dan dokumen RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian). Dokumen SOP merupakan dokumen yang disusun oleh guru untuk kegiatan anak didik yang dilakukan berulang-ulang atau kegiatan pembiasaan yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Pembelajaran Al Qur’an metode An Nashr memiliki tahapan-tahapan pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak usia dini yaitu dimulai dari yang mudah ke sulit. Metode pembelajaran Al Qur’an metode An Nashr dapat meningkatkan kemampuan anak membaca dan menghafal Al Qur’an dengan baik dan membuat anak terbiasa dan senang saat menghafal Al Qur’an. Hal tersebut diperoleh melalui hasil penilaian pada anak didik yang sebagian besar memperoleh nilai yang baik pada setiap aspek perkembangannya. Aspek yang dapat dikembangkan yaitu aspek perkembangan nilai agama dan moral serta bahasa anak.Anda.
Kata Kunci: Metode An Nashr, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini | en_US |