dc.description.abstract | Pendidikan memiliki makna proses kehidupan yang memungkinkan setiap orang untuk hidup dan melanjutkan kehidupannya. Oleh karena itu, menjadi seorang guru sangatlah penting. Kita dilatih menjadi warga negara yang berharga bagi Negara, Nusa, dan Bang
Berdasarkan observasi awal pendidikan karakter di sekolah guru merupakan pendidik utama di sekolah pendidik diharapkan mampu memahami bagaimana cara membentuk karakter siswa dengan baik. Maka dari itu peran guru dalam pendidikan karakter sangat dibutuhkan melalui nasehat, memberikan teladan dengan perilaku baik, melakukan sistem pembiasaan, budaya berbicara antara guru dan siswa, dan sistem pendidikan sejak usia dini agar mudah dalam membentuk karakter yang baik.
Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan strategi guru dalam pembangunan karakter di MI Sunniyah II Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan. 2) Mendeskripsikan hasil pembangunan karakter siswa di MI Sunniyah II Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam pembangunan karakter di MI Sunniyah II Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus karena penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif. Peneliti menekankan pada penjelasan studi kasus yakni Strategi Guru dalam Membangun Karakter Siswa di MI Sunniyah II Kisik Kalirejo Kabupaten Pasuruan. Dalam penelitian ini data yang didapatkan dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam membentuk karakter siswa diantaranya a) pembiasaan berdoa, b) pembiasaan kejujuran, c) membuang sampah pada tempatnya, c) memberikan pekerjaan rumah, d) memberikan teguran, e) keteladanan; 2) Hasil pembangunan karakter siswa diantaranya: a) siswa jadi lebih taat, b) siswa jadi lebih jujur dalam hal apapun, c) membuang sampah di tempat sampah, d) siswa menjadi lebih bertanggung jawab
e) berkurangnya siswa yang melanggar peraturan, f) siswa lebih patuh dan menjadi pribadi yang lebih baik; 3) Faktor pendukung dalam pembangunan karakter siswa:
a) lingkungan keluarga, b) lingkungan sekolah; 4) Faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa: a) lingkungan masyarakat, b) kepribadian siswa sendiri.
Kata Kunci : Strategi, Guru, Karakter, Siswa | en_US |