Show simple item record

dc.contributor.authorYanti, Nofi
dc.date.accessioned2022-09-19T01:54:19Z
dc.date.available2022-09-19T01:54:19Z
dc.date.issued2022-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5283
dc.description.abstractPenelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas anak dalam kegiatan meremas atau mewarnai gambar dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus melalui aktivitas meremas dengan kegiatan mewarnai gambar pada anak kelompok A di PAUD Al-Amin. Berdasarkan observasi awal, bahwasannya diperoleh beberapa temuan ada beberapa anak yang belum bisa mewarnai gambar dengan baik, masih keluar garis, ada anak yang belum bisa mengkombinasikan warna dengan baik. Maka dari sini pentingnya aktivitas meremas untuk dikembangkan dengan melakukan kegiatan mewarnai gambar untuk meningkatkan motorik halus anak.Dari latar belakang penelitian di ini maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana perencanaan aktivitas meremas dalam meningkatkan motorik halus anak, bagaimana pelaksanaan aktivitas meremas, bagaimana evaluasi aktivitas meremas dalam meningkatkan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan aktivitas meremas untuk meningkatkan motorik halus anak, untuk mengetahui pelaksanaan aktivitas meremas, untuk mengetahui evaluasi aktivitas meremas untuk meningkatkan motorik halus anak.Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Al-Amin berjumlah 11anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti dan dokumentasi berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak yaitu berkembang sesuai harapan. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II bahwa aktivitas meremas dengan kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan motorik halus anak. Berdasarkan hasil temuan penelitian bahwasannya dalam meningkatkan motorik halus anak dapat dilakukan berbagai aktivitas salah satunya yaitu kegiatan mewarnai gambar. Hasil temuan dari setiap siklus yaitu, pada prasiklus motorik halus anak belum berkembang (BB) 40% anak belum bisa mewarnai gambar dengan baik dan rapi, dalam pemilihan warna masih belum konrit. Pada siklus I setelah melakukan aktivitas meremas kertas sebelum kegiatan mewarnai gambar anak sudah masuk kriteria mulai berkembang (MB) 60% dalam hal ini anak sudah dapat mewarnai gambar dengan rapi tidak keluar garis, dan dalam memilih warna anak sudah mulai bisa mengkombinasikan warna dengan baik. Pada siklus II mengalami peningkatan dari kriteria mulai berkembang sekarang sudah masuk kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) 80% anak sudah berkembang sesuai dengan harapan peneliti. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Aktivitas Meremas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Islam Anak Usia Dinien_US
dc.subjectKemampuan Motorik Halusen_US
dc.subjectAktivitas Meremasen_US
dc.titleAktivitas Meremas untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok A di PAUD Al-Aminen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record