dc.description.abstract | Pelabuhan Tanjung Tembaga, Jawa Timur merupakan pelabuhan yang dipastikan
akan menjadi pelabuhan multipurpose dalam melayani pelbagai macam bongkar
muat barang. Upaya tersebut dilakukan pemerintah provinsi Jawa Timur dengan
membangun dermaga baru yang akan melayani kapal berkapasitas 15000–20000
DWT. Salah satu pokok dalam merencanakan dermaga tersebut adalah tersedianya
pengaman dermaga yaitu fender. Tujuan dari studi ini adalah merencanakan sistem
fender yang terintegrasi dengan struktur dermga.
Metode dalam penyelesaian studi ini adalah dengan mengumpulkan data kapal,
angin, arus, bathymetri, gelombang, dan pasang surut air laut yang akan
diklasifikasi untuk perencanaan sistem fender dan struktur dermaga.
Pada studi ini diperoleh kesimpulan bahwa energi benturan kapal yang terjadi
adalah 689.3kN. Sehingga direncanakan jenis fender SCN-800 F.2.5 dengan frontal
pad 3x1m yang memiliki energi absorbsi 308.6 kN/fender. Pada perencanaan
struktur didapat dimensi pelat lantai t=320 mm, balok memanjang 1200x850mm,
balok crane 1200x900mm, balok melintang 1200x800mm, balok diagonal
1200x850mm, balok tepi 1200x750mm, plank fender 5000x3000x1200mm dan
5000x3000x1100mm. pada pile cap diperoleh dimensi 3400x1800x2000 mm,
3600x1800x2000mm, 1800x1800x1800mm, 1800x1700x2000mm, dan
2200x2200x2000mm. pondasi yang digunakan adalah steel pipe pile 1016mm
dengan kedalaman 18.45m-seabad (tiang tegak), 21,45m-seabad (tiang miring).
Serta direncanakan concrete filler (kolom virtual) diameter 978mm dengan panjang
3m
Kata Kunci: Pelabuhan, Dermaga, Fender, Struktur | en_US |