Show simple item record

dc.contributor.authorHuda, M.Syukri Afkarul
dc.date.accessioned2022-09-23T02:34:16Z
dc.date.available2022-09-23T02:34:16Z
dc.date.issued2022-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5517
dc.description.abstractPendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan peserta didik agar nantinya mampu hidup ditengah-tengah masyarakat, mapu mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidupnya, masyarakat disekitarnya bahkan bangsanya. Maka dari itu pendidikan seharusnya bukan hanya sekedar teori dalam kelas saja. Karakter islami sendiri merupakan salah satu cara guru khususnya guru pendidikan agama Islam dalam mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan yang sudah diajarkan dalam kelas. Hal ini ditujukan agar pembelajaran agama tidak hanya sebatas teori saja, akan tetapi juga mengena pada segala aspek. Baik itu aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik pada anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menganalisis.(1) perencanaan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami peserta didik Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan (2) pelaksanaan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami peserta didik Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan (3) evaluasi upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami peserta didik Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan mendeskripsikan, menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami di Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan, sebagai sumber data primer adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipatif, wawancara tak terstrukturdan dokumentasi. sedangkan analisa datanya menggunakan, Pengumpuan data, kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari peneitian ini adalah :1) perencanaan meliputi kurikulum 2013, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) silabus, program semester (pomes), Program tahunan (prota) 2) pelaksanaan yaitu melalui kegiatan pembelajaran meliputi: internalisasi keagamaan kurikulum 2013 dan membaca doa sebelum dan sesudah kegiata pembelajaran. kegiatan etrakurikuler meliputi : ektra pramuka dan ektra tahfidz dan kegiatan insidental meliputi: istighosah, infaq, bakti social, peringatan hari besar, israj mi’raj, idul adha, pondok romadhonan 3) Evaluasi pendidikan dengan melalui ulangan harian, penilaian tengah semester (PTS), penilaian Akhir Semester (PAS), penilaian akhir tahun ( PAT )en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilai-nilai Religiusen_US
dc.subjectMeningkatkan Karakter Islami Peserta didiken_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Siman Sekaran lamonganen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record