Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah Medalem Senori Tuban)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Asrofi
dc.date.accessioned 2022-09-26T04:11:26Z
dc.date.available 2022-09-26T04:11:26Z
dc.date.issued 2022-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5530
dc.description.abstract Tesis Ini Menggambarkan beberapa fokus penelitian : Bagaimana nilai-nilai Pesantren yang ditanamkan di Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah? Bagaimana penanaman nilai Pesantren di Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah? Penelitian ini Penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan secara mendalam, intensif, komprehensif, dan detail. Sumber data primer dari kiai, ketua pengurus, guru kitab kuning, dan pengurus Yayasan. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannnya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kiprah Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah telah membawa dampak positif bagi masyarakat desa Medalem. Dalam model pendidikan serta mengembangkan nilai moderat berbasis kitab kuning. 2) Nilai Moderat di Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah antara lain Nilai Gotong royong, kebersamaan, Moderat, Demokrasi, Akhlak Karimah, Ibadah Amaliyah, Dedikasi dan loyalitas, toleransi dan tenggang rasa.. 3) Penanaman nilai moderat di Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah diterapkan dalam beberapa metode, yaitu; pertama, pendidikan diniyyah yaitu pengajian kitab-kitab kuning yang diajarkan oleh beberapa ustadz. Kedua, Takror bersama yaitu mengulang materi pelajaran yang telah diajarkan oleh kiai atau ustadz dengan meminta salah satu santri membaca kata perkata lalu yang lain menyimak serta membenarkan jika ada kesalahan baca. Implementasi penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada kesimpulan nilai-nilai pendidikan pesantren yang telah diterapkan di PonPes Darul Falah Al-Washilah, dapat memunculkan keniscayaan bagi setiap muslim untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Pesantren yang membentuk karakter santri dan menanamkan nilai tersebut dalam setiap belajar mengajar di pondok pesantren yang sesuai dengan bimbingan dan arahan Kiai/pengasuh PonPes Darul Falah Al-Washilah Medalem Senori Tuban. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Pesantren en_US
dc.subject Pondok Pesantren Darul FalahAl-Washilah en_US
dc.title Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Falah Al-Washilah Medalem Senori Tuban) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account