dc.description.abstract | Pandemi Covid-19 yang terjadi dengan penyebaran yang tidak terduga telah membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan pendidikan. Segala kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihentikan sementara waktu termasuk kegiatan pendidikan di sekolah. Olehkarenanya pemerintah memberikan solusi dengan adanya pembelajaran daring sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease 2019.
Penelitian ini berusaha memahami dan menganalisis tentang pembelajaran daring berbasis Moodle pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Annur Alhuda Tajinan Malang dengan fokus kajiannya mencakup: 1) Perencanaan pembelajaran daring berbasis Moodle pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Annur Alhuda Tajinan Malang, 2) Pelaksanaan pembelajaran daring berbasis Moodle pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Annur Alhuda Tajinan Malang, dan 3) Penilaian pembelajaran daring berbasis Moodle pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Annur Alhuda Tajinan Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan Penelitian Kelas (Classroom research). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisa data menggunakan teknik yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan kriteria triangulasi data. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran, administrator dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran daring berbasis Moodle pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah dengan merumuskan tujuan dilaksanakannya pembelajaran daring, kemudian dilakukan simulasi dan Menetapkan teknis pelaksanaan daring, agar pembelajaran berjalan tertib maka ditetapkanlah jadwal pembelajaran daring serta materi pelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, Silabus dan RPP daring materi pokok Syirik, ditutup dengan penetapan komponen Penilaian. 2) pelaksanaan pembelajaran daring ini dilaksanakan pada tanggal 4 April 2020 ini melalui 7 tahap fitur yang telah disediakan Moodle sebagai LSM yaitu, absensi, dari jumlah siswa sebanyak 27 didapati 15 siswa dengan poin 10 karena hadir tepat waktu, 3 siswa dengan poin 9, 2 siswa dengan poin 8, 3 siswa dengan poin 7, 2 siswa dengan poin 6 dan 2 siswa dengan poin 5. Pada fitur materi pelajaran adalah sesuai RPP daring dengan penampabahan file dari artikel dan PPT. pada fitur chatting ada dua siswa yang bertanya seputar materi Syirik yang belum difaham, dilanjutkan pada forum diskusi sebanyak 27 siswa aktif menjawab contoh perbuatan Syirik dan diakhiri oleh fitur tugas harian dengan soal sejumlah 5 butir berbentuk pilihan ganda, 3) penilaian diberikan melalui 3 fitur yaitu absensi, forum diskusi dan tugas harian. Penilaian absensi dengan pengurangan poin jika lewat dari 5 menit, penilaian forum diskusi diberikan oleh guru sendiri dan penilaian tugas harian muncul secara otomatis dengan kategori nilai 2.00 dan nilai untuk lulus 10.00. ketiga komponen tersebut diakumulasi dan dipaparkan dalam grender report yang dapat diliat oleh siswa. | en_US |