dc.description.abstract | Kendaraan merupakan alat transportasi modern yang di era globalisasi ini merupakan salah
satu kendaraan yang sangat di butuhkan oleh masyarakat umum, perkembangan transportasi
dan teknologi berkembang sangat pesat, tidak terkecuali pada bidang hemat energi termasuk
pemakaian bahan bakar pada kendaraan bermotor. Untuk menunjang hal tersebut di butuhkan
suatu sistem dan modifikasi pada engine agar bisa menghemat bahan bakar dan bisa menempuh
jarak yang lebih jauh dan efisien pada motor gasoline. Sistem transmisi atau penggerak pada
kendaraan umumnya sebuah komponen yang memiliki tujuan untuk merubah kecepatan dan
tenaga mesin yang tertuju pada roda. Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan lomba mobil
hemat energi tingkat nasional yang di selenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Kegiatan. Oleh karena itu Sistem Penggerak Mobil Hemat Energi harus bisa mengontrol bahan
bakar yang bagus. Dengan kecepatan rasio final gear yang telah di hitug dengan teoritis pada
gigi percepatan 1 dengan kecepatan 17,12 km/jam, gigi kecepatan 2 dengan kecepatan 28,51
km/jam, gigi kecepatan 3 kecepatan 39,41 km/jam, gigi kecepatan 4 dengan kecepatan 46,63
km/jam dengan kecepatan rantai 20,4 m/s. Variasi roda gigi ditujukan untuk menambah
kecepatan rpm yang berfungsi untuk penghematan bahan bakar lebih baik. | en_US |