dc.description.abstract | Era globalisasi berpengaruh terhadap berbagai segi pada kehidupan manusia, salah satunya adalah tergantikannya permainan tradisional oleh permainan modern. Salah satu permainan modern saat ini adalah game oline. Game online saat ini sangat menjamur di kalangan anak-anak. Kehadiran game online memberikan dampak buruk pada aspek psikis anak Di RA Dewi Mashitoh Gunungjati Jabung Malang, terdapat 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan yang mengalami masalah perkembangan psikis akibat kecanduan bermain game online. Guru menjadi salah pihak yang punya tanggungjawab membantu anak agar proses pengembangan psikisnya kembali terprogres normal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di RA Dewi Masithoh Gunungjati Jabung Malang pada bulan 2020. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kehadiran peneliti, lembar observadi, dan pedoman wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) ditemukan bahwa tiga orang anak yang mengalami gangguan psikis di RA Dewi Mashitoh Gunungjati Jabung Malang. Bentuk gangguan psikis yang ditemukan adalah gangguan dalam berbahasa, masalah emosi dan perilaku, dan anak yang cenderung berperilaku kurang baik. (2) Strategi guru dalam pengembangan psikis anak adalah penerapan Art Therapy. (3) Faktor pendukung adalah adanya dukungan Yayasan dan orangtua siswa, peralatan dan media pembelajaran yang selalu tersedia, dan adanya insentif tambahan untuk guru. Sedankan faktor penghambat adalah adanya kendala teknis dan perilaku kurang koperatif dari siswa, tuntutan tugas yang cukup berat bagi guru, dan masalah interpersonal guru.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) di RA. Dewi Mashitoh Gunungjati Jabung Malang, ditemukan tiga orang anak yang mengalami gangguan psikis akibat kecanduan bermain game online. Bentuk gangguan psikis yang dialami adalah masalah berbahasa, ganguan pada aspek emosi dan perilaku, dan kecenderungan melakukan perilaku kurang baik. (2) Strategi pengembangan psikis yang diterapkan oleh guru di RA. Dewi Mashitoh Gunungjati Jabung Malang adalah menerapkan art therapy. (3) Faktor pendukung adalah adanya dukungan dari Yayasan dan orangtua murid, peralatan dan media pembelajaran yang selalu tersedia, dan adanya insentif tambahan bagi guru. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi adalah adanya kendala teknis dan perilaku kurang koperatif dari siswa, tuntutan tugas yang cukup berat bagi guru, dan masalah Intrapersonal Guru.
Saran dalam penelitian ini adalah (1) orangtua, guru, maupun pihak-pihak yang terdekat bagi anak agar sejak awal berupaya membiasakan anak-anak dekat dengan hal-hal yang menunjang pengembangan psikis. (2) Guru mempertimbangkan agar art therapy dijadikan sebagai strategi tetap mengembangkan psikis anak. (3) Bagi orangtua, sudah menjadi tanggungjawab mendukung program Lembaga Pendidikan. Saran dipersilahkan. Namun, jika sampai terkesan mendominasi dalam memutuskan tampaknya bukan hal yang baik. Memberikan dukungan materi juga hal yang sangat baik mengingat tugas dan tanggungjawab guru-guru bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan untuk seukuran pengembangan psikis anak yang terganggu.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pengembangan Psikis Anak, Kecanduan Game Online. | en_US |