Show simple item record

dc.contributor.authorSutriani
dc.date.accessioned2022-11-04T02:05:10Z
dc.date.available2022-11-04T02:05:10Z
dc.date.issued2021-07-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5787
dc.description.abstractPembelajaran sains merupakan bagian dari pendekatan terpadu yang sedang berlangsung di mana anak berfikir dan membangun dasar pemahaman tentang dunianya. pentingnya pembelajaran sains bagi anak usia dini untuk mempelajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya. Di sinilah peranan seorang guru pendidikan Raudhlatul Athfal sangat diharapkan, seorang guru hendaknya berusaha menciptakan pembelajaran sains yang lebih menarik dan bervariatif sesuai kemampuan usia dini yang disesuaikan dengan karakteristik anak, seperti melalui penerapan metode demonstrasi sebagai salah satu metode yang menarik dan banyak disukai anak apabila diterapkan dengan baik. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti menentukan fokus penelitian yaitu: Bagaimana perencanaan pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah, Bagaimana evaluasi pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan pembelajaran sains dengan metode di RA Assa’idiyyah. (2) Ingin mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah. (3) Ingin mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu pengamatan langsung dan berupa lembar instrument obsevasi, metode wawancara yang berupa wawancara terstruktur dan dokumentasi berupa foto, catatan, dan dokumen sekolah. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian diperoleh proses pembelajaran sains melalui demonstrasi dilakukan dalam tahap, yaitu: perencanaan, pelaksaan dan evaluasi pembelajaran. yang pelaksaanannya sesuai dengan RPPH dengan ragkaian kegiatan meliputi keiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data didapatkan bahwasannya melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains pada anak kelompok A di RA Assa’idiyyah Karangploso Malang didapatkan hasil yaitu: mampu meningkatkan aspek perkembangan aspek NAM (Nilai Agama dan Moral), aspek fisik Motorik, aspek kognitif, aspek sosial emosional, aspek bahasa, aspek seni. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu kondisi dalam mengenalkan pembelajaran sains harus memperhatikan karateristik dan kebutuhan anak, dalam peningkatan mutu pembelajaran guru supaya dalam mengenalkan pembelajaran sains pada anak usia dini harus terus belajar berbagai metode supaya pembelajaran sains yang dilakukan lebih bervariatif, menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak, penggunaan metode dan media yang tepat dan optimal. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran Sains, Anak kelompok Aen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Islam Anak Usia Dinien_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.subjectPembelajaran Sainsen_US
dc.subjectAnak kelompok Aen_US
dc.titlePenerapan Demonstrasi Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Kelompok A di RA Assa’idiyyah Karangplosoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record