Pembelajaran Akhlak Berbasis Multikultural di Madrasah Aliyah Mafatihul Huda Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Paiman
dc.date.accessioned 2022-11-07T04:02:36Z
dc.date.available 2022-11-07T04:02:36Z
dc.date.issued 2022-10-13
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5896
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan organisasi keagamaan yang berkumpul dalam satu wadah yaitu sekolah formal, sehingga perlu adanya pemahaman Pendidikan multikultural. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin menganalisis dan mendeskripsikan tentang pembelajran akidah akhlak berbasis multikultural di MA Mafatihul Huda Kec. Pujon Kab. Malang, yang diharapkan mampu memberikan konstribusi terhadap pemahaman generasi remaja Indonesia terhadap pentingnya pendidikan multikultural di lingkungan madrasah. Tujuan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akhlak berbasis multikultural di MA Mafatihul Huda Kec.Pujon Kab. Malang (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akhlak berbasis multikultural di MA Mafatihul Huda Kec. Pujon Kab. Malang (3) Bagaimana problematikan pembelajaran akhlak berbasis multikultural di MA Mafatihul Huda Kec. Pujon Kab.Malang, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan konsep Miles Huburman yaitu data Collection, display, condensation dan conclusion drawing/ verifying. Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran aqidah akhlak beerbasis multikultural disusun mengacu pada silabus kurikulum 2013 dan memahami keberagaman kultur siswa serta lingkungan sekitar madrasah. (2) pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural; pertama, pembelajaran di kelas yang sesuai dengan RPP yang sudah disusun sebelumnya. Kedua, melalui kegiatan-kegiata diluar kelas seperti sholat dhuha berjamaah, mengaji kitab kuning, pramuka, paskibraka, dan grub sholawat. Kegiatan-kegiatan tersebut membiasakan siswa saling menghargai keberagaman antara satu sama lain. (3) Problematika pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural tidak begitu tampak, namun yeng perlu diperhatikan adalah problem dari siswa yang ditinggal kerja orang tuanya bekerja sebagai TKI. Siswa yang orang tuanya bekerja menjadi TKI kurang mendapatkan perhatian dan kontrol ketika sepulang sekolah atau di rumah. Solusi dari problematika tersebut yaitu; (a) guru memperlakukan semua siswa dengan perlakuaan yang sama, (b) guru bersepakat untuk lebih sabar dan telaten menghadapi siswa yang orang tuanya menjadi TKI, (c) memberikan pelajaran BK di kelas selama 1 jam per minggu, bekerja sama dengan wali kelas, serta melakukan komunikasi dengan wali siswa yang ada di rumah en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Berbasis Multikultural en_US
dc.title Pembelajaran Akhlak Berbasis Multikultural di Madrasah Aliyah Mafatihul Huda Kecamatan Pujon Kabupaten Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account