PENGEMBANGAN METAKOGNITIF UNTUK MENDUKUNG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIPA DALAM PARADIGMA MEMBANGUN KARAKTER PEMBELAJARNYA
dc.contributor.author | Werdiningsih, Dyah | |
dc.date.accessioned | 2022-11-08T23:42:24Z | |
dc.date.available | 2022-11-08T23:42:24Z | |
dc.date.issued | 2022-09-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5909 | |
dc.description | [ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMA | en_US |
dc.description.abstract | Strategi metakognitif adalah suatu kesadaran tentang aspek kognitif, bagaimana aspek kognitif bekerja serta bagaimana mengaturnya. Kemampuan metakognitif diperlukan untuk efisiensi penggunaan aspek kognitif dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan metakognitif telah berkembang sejak masa anak-anak seiring dengan peningkatan kemampuan kogntifnya. Kemampuan metakognitif ini berperan penting dalam kegiatan belajar, misalnya memecahkan masalah dalam aktivitas membaca dalam pembelajaran bahasa. Pembelajar dapat menggunakan strategi metakognitif dalam pembelajaran yang meliputi merancang apa yang hendak dipelajari, memantau perkembangan diri dalam belajar, dan menilai apa yang dipelajari. Karya sastra sangat potensial dimanfaatkan sebagai bahan ajar BIPA. Dari karya sastra seorang pembelajar BIPA dapat memperoleh (1) bahan berharga tentang kekayaan budaya yang otentik; (2) pengayaan budaya; (3) pengayaan bahasa; dan (4) pengembangan pribadi. Bahan ajar dan strategi penanaman karakter dalam pembelajaran BIPA perlu disesuaikan dengan tujuan akhir dari proses belajar-mengajar, yaitu agar pembelajar BIPA memiliki dan menerapkan nilainilai kebajikan yang dipelajarinya. Untuk meningkatkan kemampuan metakognitif pembelajar BIPA, pengajar dapat merancang pelatihan strategi metakognitif secara infusi dalam pembelajaran BIPA. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | metakognitif | en_US |
dc.subject | strategi belajar | en_US |
dc.subject | pelatihan | en_US |
dc.subject | pengembangan | en_US |
dc.subject | karakter | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN METAKOGNITIF UNTUK MENDUKUNG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIPA DALAM PARADIGMA MEMBANGUN KARAKTER PEMBELAJARNYA | en_US |
dc.type | Book chapter | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
National Proceedings
Koleksi Prosiding Nasional Sivitas Akademis Universitas Islam Malang (UNISMA)