Show simple item record

dc.contributor.authorWerdiningsih, Dyah
dc.contributor.authorWahyuni, Sri
dc.contributor.authorNi’mah, Dzurriyyatun
dc.contributor.authorMuttaqin, Khoirul
dc.contributor.authorNasihah, Durotun
dc.contributor.authorSiswiyanti, Frida
dc.contributor.authorSufyan Zauri, Ahmad
dc.contributor.authorNurul Hasanah, Siti
dc.contributor.authorUmie Murniatie, Itznaniyah
dc.contributor.authorHidayanti, Ika
dc.contributor.authorIsmi Nahdiyatil Ilmi, Yuli
dc.date.accessioned2022-11-09T09:22:26Z
dc.date.available2022-11-09T09:22:26Z
dc.date.issued2022-01-02
dc.identifier.isbn978-623-329-621-2
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5913
dc.description[ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMAen_US
dc.description.abstractPenulisan buku ini dilatarbelakangi bahwa model pembelajaran yang penting untuk dilakukan pada abad 21 ini adalah model pembelajaran berbasis proyek atau yang lebih dikenal dengan Project Based Learning (PjBL). PjBL adalah suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan proyek. Kesesuaian PjBL dengan pembelajaran abad 21 adalah PjBL dapat membekali siswa atau mahasiswa keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 ini, yaitu keterampilan pemecahan masalah, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif serta komunikasi (yang lebih dikenal dengan istilah 4’C, yaitu: Critical thinking and problem solving, Collaborative, Communication, and Creative thinking). Selain itu, PjBL ini juga dapat digunakan untuk mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam meningkatkan hard-skill dan soft-skill mahasiswa agar siap menghadapi dan memenangkan persaingan dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan PjBL memiliki banyak manfaat, yaitu: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baru, meningkatkan keterampilan mengelola bahan dan alat untuk menyelesaikan suatu proyek, dan meningkatkan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa. Dengan demikian PjBL ini telah relevan untuk pembelajaran abad 21 ini dan juga dapat mendukung tercapainya implementasi MBKM yang optimal. Relevansi PjBL ini dengan pembelajaran abad 21 dan implementasi MBKM membuat PjBL diterapkan diberbagai pembelajaran mata kuliah di Universitas Islam Malang (UNISMA). Penerapan PjBL diberbagai mata kuliah ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya penerapan PjBL di mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia akan berbeda dengan penerapan di Mata Kuliah Matematika. Perbedaanperbedaan penerapan PjBL ini di beberapa mata kuliah dipaparkan dalam buku ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherCV. Literasi Nusantara Abadien_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectBerbasis Proyeken_US
dc.subjectBest Practiceen_US
dc.titleBest Practice IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record