Best Practice IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Show simple item record

dc.contributor.author Werdiningsih, Dyah
dc.contributor.author Wahyuni, Sri
dc.contributor.author Ni’mah, Dzurriyyatun
dc.contributor.author Muttaqin, Khoirul
dc.contributor.author Nasihah, Durotun
dc.contributor.author Siswiyanti, Frida
dc.contributor.author Sufyan Zauri, Ahmad
dc.contributor.author Nurul Hasanah, Siti
dc.contributor.author Umie Murniatie, Itznaniyah
dc.contributor.author Hidayanti, Ika
dc.contributor.author Ismi Nahdiyatil Ilmi, Yuli
dc.date.accessioned 2022-11-09T09:22:26Z
dc.date.available 2022-11-09T09:22:26Z
dc.date.issued 2022-01-02
dc.identifier.isbn 978-623-329-621-2
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5913
dc.description [ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMA en_US
dc.description.abstract Penulisan buku ini dilatarbelakangi bahwa model pembelajaran yang penting untuk dilakukan pada abad 21 ini adalah model pembelajaran berbasis proyek atau yang lebih dikenal dengan Project Based Learning (PjBL). PjBL adalah suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan proyek. Kesesuaian PjBL dengan pembelajaran abad 21 adalah PjBL dapat membekali siswa atau mahasiswa keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 ini, yaitu keterampilan pemecahan masalah, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif serta komunikasi (yang lebih dikenal dengan istilah 4’C, yaitu: Critical thinking and problem solving, Collaborative, Communication, and Creative thinking). Selain itu, PjBL ini juga dapat digunakan untuk mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam meningkatkan hard-skill dan soft-skill mahasiswa agar siap menghadapi dan memenangkan persaingan dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan PjBL memiliki banyak manfaat, yaitu: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baru, meningkatkan keterampilan mengelola bahan dan alat untuk menyelesaikan suatu proyek, dan meningkatkan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa. Dengan demikian PjBL ini telah relevan untuk pembelajaran abad 21 ini dan juga dapat mendukung tercapainya implementasi MBKM yang optimal. Relevansi PjBL ini dengan pembelajaran abad 21 dan implementasi MBKM membuat PjBL diterapkan diberbagai pembelajaran mata kuliah di Universitas Islam Malang (UNISMA). Penerapan PjBL diberbagai mata kuliah ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya penerapan PjBL di mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia akan berbeda dengan penerapan di Mata Kuliah Matematika. Perbedaanperbedaan penerapan PjBL ini di beberapa mata kuliah dipaparkan dalam buku ini. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher CV. Literasi Nusantara Abadi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Berbasis Proyek en_US
dc.subject Best Practice en_US
dc.title Best Practice IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account