STRATEGI KOMUNIKASI PENUTUR ANAK DALAM INTERAKSI DENGAN BERBAGAI MITRATUTUR PADA LINGKUNGAN MASYARAKAT DIGLOSIK
dc.contributor.author | Werdiningsih, Dyah | |
dc.date.accessioned | 2022-11-09T09:26:50Z | |
dc.date.available | 2022-11-09T09:26:50Z | |
dc.date.issued | 2021-11-02 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5916 | |
dc.description | [ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMA | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mengkaji karakteristik strategi komunikasi penutur anak dalam interaksi dengan berbagai mitratutur pada lingkungan masyarakat diglosik. Dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian bujur (longitudinal), dengan menggunakan subjek dalam dengan usia 2--5 tahun. Penjaringan data dilakukan dengan pengamatan yang disertai dengan perekaman data dengan alat perekam elektronik dan kartu data pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis performansi. Hasil penelitian ini adalah penggambaran karakteristik strategi komunikasi penutur anak dalam interaksi dengan berbagai mitratutur pada lingkungan masyarakat diglosik yang tampak pada tipe dan variasi tipe, faktor penyebab, dan fungsi penggunaanya oleh penutur anak dalam proses pemerolehan kompetensi pragmatik yang terjadi secara alamiah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | strategi komunikasi | en_US |
dc.subject | penutur anak | en_US |
dc.subject | mitratutur | en_US |
dc.subject | diglosia | en_US |
dc.subject | kompetensi pragmatik | en_US |
dc.title | STRATEGI KOMUNIKASI PENUTUR ANAK DALAM INTERAKSI DENGAN BERBAGAI MITRATUTUR PADA LINGKUNGAN MASYARAKAT DIGLOSIK | en_US |
dc.type | Book chapter | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Faculty of Teacher Training and Education Book's
Koleksi Publikasi Buku Elektronik (E-Book) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan