dc.description.abstract | Garlina Hita Ganjarani. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, 4 Agustus 2022. Systematic Literature Review (SLR) Dampak Asesmen Bersifat High Stakes Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Kedokteran Dan Kesehatan. Pembimbing 1: Marindra Firmansyah. Pembimbing 2: Sri Herlina.
Pendahuluan: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan menerapkan suatu asesmen untuk menilai kemampuan lulusan mahasiswa kedokteran sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih profesional yaitu menjadi seorang dokter dengan high stakes assessment. Asesmen tersebut dibuat dengan tujuan untuk mendorong perilaku belajar mahasiswa ke arah deep learning karena dapat menunjang pengetahuan mahasiswa terhadap kemampuan dalam melakukan pelayanan kesehatan. Terdapat pro dan kontra tentang dampak high stakes assessment terhadap perilaku belajar mahasiswa. Beberapa mahasiswa merasakan bahwa high stakes assessment dapat mendorong perilaku belajar ke arah surface learning dan hal ini dapat menurunkan kualitas pelayanan kesehatan mereka. Peneliti ingin melihat macam macam implementasi high stakes assessment di fakultas kedokteran dan kesehatan didunia dan dampaknya terhadap perilaku belajar mahasiswa.
Metode: Penelitian ini merupakan systematic literature review dengan menggunakan metode PRISMA yaitu melalui proses identifikasi, skrining, cek eligibilitas dengan membaca keseluruhan isi literatur dan melakukan critical appraisal (Jadad Score, Health Evidence dan MMAT 2018) dan inklusi. Kriteria inklusi berdasarkan PICO yaitu mahasiswa kedokteran dan kesehatan, high stakes assessment, dan perilaku belajar. Databased rujukan dari EBSCO, Science Direct, PMC, Proquest, Wiley Online Library, dan Google Scholar. Melalui pencarian ini, didapatkan 12 literatur.
Hasil: Didapatkan 12 literatur yang akan di¬-review. Beberapa praktik high stakes assessment ditemukan pada enam negara yaitu, United Kingdom (UK), English Caribbean, United State (US), Canada, China, dan Indonesia. Asesmen sumatif cenderung mendorong perilaku belajar mahasiswa kearah surface learning, namun terdapat faktor lain sehingga perilaku belajar yang muncul berbeda tiap individunya.
Kesimpulan: Praktik high stakes assessment dilakukan dibanyak negara dan Indonesia namun tidak disebutkan dampak pada perlaku belajarnya. Asesmen sumatif dapat mendorong perilaku belajar mahasiswa menjadi surface learning, namun selain itu ada faktor lain yang mendorong perilaku belajar yaitu motivasi, tujuan, tingkat konsekuensi, jenis asesmen, umpan balik, dan tekanan waktu.
Kata Kunci: mahasiswa kedokteran dan kesehatan; dampak asesmen high stakes; perilaku belajar; dampak terhadap pembelajaran | en_US |