Show simple item record

dc.contributor.authorAl-Khaq, Muhammad Nahya Sururi
dc.date.accessioned2023-01-09T03:16:02Z
dc.date.available2023-01-09T03:16:02Z
dc.date.issued2022-04-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6170
dc.description.abstractPendidikan pada dasarnya adalah upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki karakter dan dapat hidup mandiri. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi permasalahan dalam kajian ini adalah apakah pendidikan karakter dapat mewujudkan akhlak mulia? Dari rumusan masalah tersebut, tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dapat mempengaruhi akhlak mulia. Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda. Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik di antaranya adalah; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, tanggungjawab, disiplin dan mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, dan kerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, dan toleransi, cinta damai dan persatuan. Sedangkan akhlak mulia adalah keseluruhan kebiasaan manusia yang berasal dalam diri yang di dorong keinginan secara sadar dan dicerminkan dalam perbuatan yang baik. Dengan demikian apabila karakter-karakter yang luhur tertanam dalam diri peserta didik maka akhlak mulia secara otomatis akan tercermin dalam perilaku peserta didik dalam kehidupan keseharian. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Studi kasus. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berupa jawaban dari responden ketika wawancara dan data sekunder serta data lain yang mendukung dan berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode kondensasi (ringkasan), penyajian data dan penarikan kesimpulan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAkhlakul karimahen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.titleMembentuk Akhlakul Karimah melalui Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMK Brantas Karangkates Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record