Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas III di SDI Al Ma’arif 01Singosari
Abstract
Menunjukkan, kualitas pendidikan Indonesia berada pada posisi terendah se- Asia. Padahal dari segi kuantitas jumlah tenaga pendidik (guru) di Indonesia cukup memadai, akan tetapi hal tersebut tidak didukung dengan distribusi yang sesuai dengan kebutuhan dan mutu tenaga pendidik (guru) yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih banyaknya pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka miliki serta pemakaian strategi dan metode yang tidak koheren sehingga dapat dipastikan sulit untuk memahami peserta didik terhadap materi yang sedang diajarkan, terutama metode yang digunakan dalam pembelajaran tematik, yang mana pembelajaran tematik ini dapat membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi karena mampu melakukan terobosan-terobosan sistem pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif menyebabkan hasil belajar peserta didik yang diharapkan sesuai dengan KKM. yang ditentukan sekolah, yang pada akhirnya tercapainya tujuan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah (1). Untukmendiskripsikan pembelajaran tematik yang diimplementasikan di SDI Al Ma’arif 01 Singosari, dan (2). Untuk mendiskripsikan bentuk-bentuk pembelajaran tematik yang di implementasikan di SDI Al Ma’arif 01 Singosari.Rancangan yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif – deskriptif. Data dkumpulkan dengan cara pengamatan, wawancara, dokumentasi. Hasilnya penelitian ini menunjukkan bahwa (1).Implementasi pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik terpadu di SDI Al Ma’arif 01 Singosari sudah dilakukan secara sistematis dan sesuai dengan standar isi sebagaimana tertera dalam standar nasional pendidikan meski terkendala dengan masih belum meratanya wawasan guru dalam merencanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik terpadu. Pelaksanaan implementasi pembelajaran tematik pendekatan tematik terpadu dilaksanakan secara optimal.
Temuan penelitian memperlihatkan adanya perubahan positif terutama dari perilaku siswa yang lebih aktif dan kreatif sehingga pembelajaran tematik menjadi lebih menarik dan disukai siswa (2). Bentuk-bentuk pembelajaran tematik di SDI Al Ma’arif 01 Singosari mirip dengan model sekuense yang berarti model pembelajaran tematik dilakukan secara berkelanjutan di dalam dan di luar kelas serta melibatkan peran serta orangtua dan lingkungan sosial sebagai bahan ajar utama.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Implementasi