dc.description.abstract | Salah satu ciri khas kurikulum 2013 adalah penerapan pendekatan saintifik.
Kurikulum merupakan rencana tertulis yang berisi tentang ide-ide dan gagasan gagasan yang dirumuskan oleh pengembang kurikulum. Kurikulum 2013
mengamanatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran,
dimana terdapat 5 proses ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun tidak semua mata pelajaran
bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran PAI. Hal ini perlu dilakukan penelitian
bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al
Muhammad Cepu sebagai sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain di
Kabupaten Blora.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1)
Perencanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad
Cepu (2) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al
Muhammad Cepu (3) Evaluasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di
SMA Al Muhammad Cepu.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Adapun jenisnya
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
wawancara tak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian
data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran PAI
dengan menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan ilmiah guru PAI di SMA Al
Muhammad Cepu terlebih dahulu mempersiapkan penetapan dokumen KTSP,
penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri dari: Prota, Promes, silabus,
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP, media pembelajaran, dan instrument
penilaian, (2) Implementasi pembelajarannya juga sudah dapat berjalan dengan
baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan
saintifik/pendekatan ilmiah yang meliputi kegiatan 4M yaitu: mengamati, menanya,
mencoba, dan mengkomunikasikan. (3) Evaluasi pendekatan saintifik pada mata
pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu dilaksanakan oleh guru secara
menyeluruh dengan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan
menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian kompetensi sikap
(attitude), penilaian pengetahuan (knowledge), dan penilaian keterampilan (skill) | en_US |