Show simple item record

dc.contributor.authorIrawati, Yuni
dc.date.accessioned2023-03-11T02:29:17Z
dc.date.available2023-03-11T02:29:17Z
dc.date.issued2022-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6742
dc.description.abstractSalah satu ciri khas kurikulum 2013 adalah penerapan pendekatan saintifik. Kurikulum merupakan rencana tertulis yang berisi tentang ide-ide dan gagasan gagasan yang dirumuskan oleh pengembang kurikulum. Kurikulum 2013 mengamanatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran, dimana terdapat 5 proses ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun tidak semua mata pelajaran bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran PAI. Hal ini perlu dilakukan penelitian bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu sebagai sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Blora. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu (2) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu (3) Evaluasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, Adapun jenisnya pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara tak terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dimulai dari analisis sebelum lapangan, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan ilmiah guru PAI di SMA Al Muhammad Cepu terlebih dahulu mempersiapkan penetapan dokumen KTSP, penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri dari: Prota, Promes, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP, media pembelajaran, dan instrument penilaian, (2) Implementasi pembelajarannya juga sudah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan ilmiah yang meliputi kegiatan 4M yaitu: mengamati, menanya, mencoba, dan mengkomunikasikan. (3) Evaluasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepu dilaksanakan oleh guru secara menyeluruh dengan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian kompetensi sikap (attitude), penilaian pengetahuan (knowledge), dan penilaian keterampilan (skill)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectpendekatan saintifiken_US
dc.subjectpendidikan agama Islam (PAI)en_US
dc.title2. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Al Muhammad Cepuen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record