Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadapkeputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Pembelian Keripik Buah di UMKM “Olivia” di Desakambingan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang)
Abstract
Fitriatul Azizah, 2022. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pembelian Keripik Buah di UMKM Olivia di Desa Kambingan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang). Dosen pembimbing I: Dr. Siti Saroh, M. Si, Dosen Pembimbing II: Daris Zunaida, S.AB., M.AB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian UMKM Keripik buah Olivia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner, jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden yang diolah menggunakan SPSS Statistics versi 16. Dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability yakni teknik incidental sampling. Berdasarkan hasil uji t (parsial) dapat diketahui bahwa variabel citra merek (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia (Y) dengan nilai thitng < ttabel (0,336 < 1,66088) dan nilai signiiknsi 0,738 > 0,05. Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,938 >1,66088) dan nilai signiiknsi 0,004 < 0,05. Promosi (X3) berpengaruh berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3,455 >1,66088) dan nilai signiiknsi 0,001 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel citra merek, harga, dan promosi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia (Y) dengan perolehan Fhitung > Ftabel yaitu 18,444 > 2,70 dan Sig. 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Citra Merek, Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian