Show simple item record

dc.contributor.authorFakhrianto, Kautsar Hanif
dc.date.accessioned2023-03-30T06:12:31Z
dc.date.available2023-03-30T06:12:31Z
dc.date.issued2022-12-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6937
dc.description.abstractPerforma mesin motor dapat ditingkatkan dengan cara porting dan polish pada cylinder head. Volume udara dan bahan bakar yang meningkat maka semakin mudah terjadi pembakaran. Penelitian ini mencoba untuk memodifikasi pengaruh porting saluran intake dan exhaust terhadap kinerja motor GL 100. Penelitian ini merupakan eksperimental nyata (true experimental) dengan model analisis varian. Alat yang digunakan pada penelitian ini yaitu dynamometer dengan varian putaran mesin 1500, 3000, dan 4500 rpm. Bahan bakar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pertamax. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kecepatan yang sama (rpm 4500) motor standart menghasilkan daya sebesar 11 HP, sedangkan motor dengan porting modifikasi memiliki daya lebih besar yaitu 13.4 HP. Pada rpm 4500, 6 ml bahan bakar habis dalam waktu 51.37 s, sedangkan pada motor dengan porting modifikasi bahan bakar habis dalam waktu lebih cepat yaitu 49.75 s. Kata Kunci: Porting, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar, GL 100, Pertamaxen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTekniken_US
dc.subjectTeknik Mesinen_US
dc.subjectPortingen_US
dc.subjectDayaen_US
dc.subjectTorsien_US
dc.subjectKonsumsi Bahan Bakaren_US
dc.subjectGL 100en_US
dc.subjectPertamaxen_US
dc.titlePengaruh Porting Saluran Intake dan Exhaust terhadap Kinerja Motor Gl 100 Berbahan Bakar Pertamaxen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record