Pengaruh Word of Mouth, Citra, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Toko Gian Aquarium Dampit)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, citra dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunkakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik yang dilakukan adalah kuesioner dan dokumentasi. Total sampel yang diambil adalah 97 orang responden serta teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian menggunakan uji t hasil yang diperoleh adalah nilai signifikan 0,025 < 0,05 dan nilai t hitung 2,270 > t tabel 1,665 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya tidak berpengaruh positif dan signifikan antara variabel citra dengan keputusan pembelian. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengaruh citra terhadap keputusan pembelian menggunakan uji t hasil yang diperoleh adalah nilai signifikan hasil yang diperoleh adalah nilai signifikan 0,152 > 0,05 dan nilai t hitung 1,444 < 1,665, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak berpengaruh positif dan signifikan antara variabel citra dengan keputusan pembelian. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian menggunakan uji t hasil yang diperoleh adalah nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 6,587 > 1,665, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas produk dengan keputusan pembelian. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengaruh word of mouth , citra dan kualitas produk secara simultan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: word of mouth, citra dan kualitas produk