Pengaruh Citra Merek, Word of Mouth, dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi pada Mahasiswa UMM dan Unisma Malang)
Abstract
Nasirin Min Huda, 2022, Pengaruh Citra Merek, Word Of Mouth, Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa UMM dan UNISMA Malang) Dosen Pembimbing I: Ibu Dr. Hj. Rini Rahayu Kurniati, M.Si Dosen Pembimbing II: Daris Zunaida, S.AB.,M.AB.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui pengaruh Citra Merek terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi.
(2) Mengetahui pengaruh Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi. (3) Mengetahui pengaruh Fitur terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi. (4) Mengetahui pengaruh simultan antara Citra Merek, Word Of Mouth, Dan Fitur terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling, pada mahasiswa UMM dan UNISMA Malang konsumen Smartphone Xiaomi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Citra Merek berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi yang menunjukkan nilai t hitung 3,137 > t tabel 1,987 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. (2) Word Of Mouth parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi yang menunjukkan nilai t hitung 1,986 < t tabel 1,987 dengan nilai signifikan 0,050. (3) Fitur berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi yang menunjukkan nilai t hitung 8,358 > t tabel 1,987 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
(4) Secara simultan, Citra Merek, Word Of Mouth, Dan Fitur berpengaruh terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan, F hitung dengan jumlah 97,053 > F tabel dengan jumlah 2,71.
Kata Kunci: Citra Merek, Word Of Mouth, Fitur, Keputusan Pembelian.