dc.description.abstract | Jalan sebagai salah satu transportasi darat dan memiliki peranan penting dalam kehidupan diantaranya memperlancar arus distribusi barang dan jasa, sebagai akses penghubung antar daerah yang satu dengan daerah yang lain serta dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Perkerasan jalan adalah bagian utama dari kontruksi jalan raya, kelancaran lalu lintas tergantung dari kondisi perkerasan jalan tersebut. Bila perkerasannya bermasalah (rusak, berlubang, bergelombang, retak, dsb) maka kelancaran lalu lintas akan terganggu baik dari segi waktu maupun biaya. Oleh karena itu, perkerasan jalan harus direncanakan sesuai kebutuhan serta kelas jalan berdasarkan jenis moda yang akan dilalui.
Penelitian ini menggunakan Metode Pd-T-14-2003 untuk perkerasan jalan serta metode Log Person III, Metode Chi Square serta Metode Smirnov-Kolmogorov untuk drainase . Metode – metode tersebut sebagai pedoman untuk menyelesaikan penelitian ini.
Hasil perhitungan tebal dimensi plat perkerasan kaku yang didapat adalah 260 mm = 26 cm. Untuk diameter tulangan memanjang ( Tie Bar ) menggunakan D16 mm – 750 mm dan tulangan melintang ( Dowel ) Menggunakan besi D32 mm – 300. Dari perhitungan perencanaan dimensi drainase pada ruas jalan Tampakan – Mengkudu dengan bentuk persegi didapatkan hasil: STA 0+000 - STA 5+500 = h = 1,0 m , b = 0,50 m dan W = 0,30 m, STA 5+500 - STA 8+000 = h = 0,9 m , b = 0,45 m dan W = 0,30 m, STA 9+000 - STA 10+300 = h = 1 m , b = 0,50 m dan W = 0,30 m.
Kata Kunci : Perencanaan Perkerasan Kaku, Drainase, Kabupaten Paser. | en_US |