Browsing UT - Islamic Education by Subject "Hasil Belajar"
Now showing items 1-20 of 35
-
Hubungan Antara Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2021/202
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal daripada hal lainya, dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Siswa yang memiliki ... -
Hubungan Antara Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Alma’arif 03 Singosari Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-07-14)Terjadi sebuah wabah yang bernama covid-19 pada tahun 2019 sehingga berdampak pada berbagai bidang kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Melalui kebijakan pemerintah berusaha untuk mengatasi dan meminimalisir ... -
Hubungan Motivasi dan Minat Belajar dengan Hasilo Belajar Mata Pelajaran Aswaja Kelas X SMA An-Nur Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2022-08-03)Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi dan minat belajar pada mata pelajaran Aswaja. Mata pelajaran Aswaja adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan Agama Islam, biasanya mata pelajaran ... -
Implementasi Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Hadast di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama IT Asy-Syadzili Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-15)Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan juga bertanggung jawab untuk memandu serta memupuk bakat dan ... -
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smp Ma’arif Kota Batu
(Universitas Islam Malang, 2023-07-15)Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam tahun pelajaran 2022/2023 di kelas VII SMP Ma’arif Kota Batu dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan dikelas tersebut adalah ... -
Implementasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Wahid Hasyim Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-06-08)Pendidikan pada umumnya dilakukan secara tatap muka pada tahun sebelum-sebelumnya. Pendidikan yang dilaksanakan di sekolah dan pada saat ini pendidikan di Indonesia dikejutkan dengan adanya wabah virus corona dan memberikan ... -
Pemanfaatan Video Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-10)Ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus mengalami kemajuan akan selalu mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan. Berbagai perkembangan teknologi informasi ... -
Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Mts Darun Najah Karangploso
(Universitas Islam Malang, 2023-12-15)Dalam dunia pendidikan tentunya tidak terlepas dari istilah pembelajaran, yaitu proses yang diberikan pendidik kepada peserta didik agar dapat terjadi perolehan ilmu dan pengentahuan sesuai rencana pengajaran yang telah ... -
Penerapan Metode Pembelajaran Mind mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X IPS 2 di MA Almaarif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2023-05-29)Berdasarkan observasi sebelumnya yang dilakukan disekolah MA Almaarif Singosari pada kelas X IPS 2 diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Dengan begitu siswa dapat merasa jenuh dan bosan ... -
Penerapan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II di Madin Al-Hidayah Bangil Pasuruan
(Universitas Islam Malang, 2021-06-22)Mata Pelajaran fiqih merupakan mata pelajaran yang digunakan untuk mengetahui tentang ketentuan-ketentuan syari'at islam. Aspek Mata Pelajaran fiqih menekankan pada cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. ... -
Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar fiqih di MTs Al-Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban
(Universitas Islam Malang, 2021-07-08)Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Fiqih di kelas VII A MTs Al-Qudsiyah Klotok-Plumpang-Tuban yang mana hasil belajar siswa masih rendah. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut ... -
Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 8 Malang
(Universitas Islam Malang, 2024-03-28)Penelitian ini di latarbelakangi oleh peserta didik yang menggunakan handphone didalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Karena hal itu dapat mengganggu konsentrasi peserta didik dalam belajar dan dapat ... -
Pengaruh Media Pembelajaran Film Battle of Empires Fetih 1453 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX di MA Hasyimiyah Tuban
(Universitas Islam Malang, 2023-07-15)Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan suatu pembaharuan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya adalah dengan memilih dan ... -
Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-08-06)Kegiatan belajar mengajar merupakan aktivitas yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Sebagai seorang guru tentunya mempunyai kewajiban dalam mengatur lingkungan belajar, dengan upaya dapat mencapai tujuan belajar yang ... -
Pengaruh Metode Active Learning tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA An-Nur Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-17)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode active learning tipe card sort terhadap hasil belajar akidah akhlak pada bab sifat wajib bagi Allah, sifat mustahil bagi Allah, dan sifat jaiz bagi Allah ... -
Pengaruh Metode Diskusi Terhadap hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Hasyim Asy’ari Batu
(Universitas Islam Malang, 2022-05-30)Untuk mencapai tujuan pendidikan salah satu yang sangat diperlukan adalah dukungan metode yang tepat, yang diharapkan dapat memperlancar keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode diskusi adalah proses tukar ... -
Pengaruh Metode Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Islam Ma’arif 02 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-12)Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa meningkat, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan mengikut sertakan dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, terutama dengan ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Mata Pelajaran Fikih MTs Ma’arif 11 Kabupaten Lamongan
(Universitas Islam Malang, 2022-05-23)Pendidikan pada dasarnya adalah kegiatan yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan selalu mengalami pembaharuan setiap masa. Tujuan dari pembaharuan sendiri adalah agar pendidikan tidak tertinggal dengan kemajuan zaman ... -
Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MA Al-Ma’arif Singosari Kabupaten Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-07-14)Proses mempelajari sesuatu yang baru disebut "belajar mengajar", dan melibatkan keterlibatan guru dan siswa dalam pengajaran materi. Banyak guru mengalami kesulitan dan kendala dalam melaksanakan pembelajaran materi fiqih. ... -
Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII di SMPN 13 Malang
(Universitas Islam Malang, 2023-07-21)Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan tertama kepada sekolah yang mayoritas warganya beragama islam. Oleh sebab itu perlunya variasi saat proses pembelajaran ...