Show simple item record

dc.contributor.authorEfendi, Feriawan
dc.date.accessioned2023-06-10T01:46:38Z
dc.date.available2023-06-10T01:46:38Z
dc.date.issued2023-05-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7391
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk: menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen kerja, menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja, menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di era merdeka belajar, menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru di era merdeka belajar, menganalisis pengaruh komitmen kerja terhadap kinerja guru di era merdeka belajar, menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di era merdeka belajar melalui komitmen guru sebagai variabel intervening, menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru di era merdeka belajar melalui komitmen guru sebagai variabel intervening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bapak dan ibu guru dari SMA Program Sekolah Penggerak (PSP) dan SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) yang berada di wilayah Blitar terdiri dari: SMA Negeri 1 Talun, SMA Negeri 3 Blitar, SMAS Terpadu Darur Roja’, SMK Negeri 1 Kademangan, SMK Negeri 3 Kota Blitar, dan SMK Islam 1 Kota Blitar. Teknik pengambilan sampling secara Proporsional Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin didapatkan sampel sejumlah 244 guru. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) berupa pernyataan dengan skor dari setiap jawaban menggunakan skala likert. Selain itu, untuk memperkuat hasil penelitian pengumpulan data juga ditambah dengan wawancara dan observasi. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi SEM-PLS dan hasilnya dibahas secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru di era merdeka belajar, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di era merdeka belejar, komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di era merdeka belajar, komitmen kerja mampu memediasi antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di era merdeka belajar, komitmen kerja mampu memediasi antara budaya kerja terhadap kinerja guru di era merdeka belajar. Dalam penelitian ini juga mengindikasikan bahwa faktor kepemimpinan transformasional mampu menciptakan budaya organisasi yang positif dan menumbuhkan komitmen kerja bawahan sehingga membawa dampak baik terhadap kinerja guru dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectkepemimpinan transformasionalen_US
dc.subjectbudaya organisasen_US
dc.titlePengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Komitmen Kerja Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Guru Di Era Merdeka Belajaren_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record