dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk: menganalisis pengaruh
kepemimpinan transformasional terhadap komitmen kerja, menganalisis
pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja, menganalisis
pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di era
merdeka belajar, menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap
kinerja guru di era merdeka belajar, menganalisis pengaruh komitmen
kerja terhadap kinerja guru di era merdeka belajar, menganalisis pengaruh
kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di era merdeka
belajar melalui komitmen guru sebagai variabel intervening, menganalisis
pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru di era merdeka belajar
melalui komitmen guru sebagai variabel intervening.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bapak dan ibu
guru dari SMA Program Sekolah Penggerak (PSP) dan SMK Pusat
Keunggulan (SMK-PK) yang berada di wilayah Blitar terdiri dari: SMA
Negeri 1 Talun, SMA Negeri 3 Blitar, SMAS Terpadu Darur Roja’, SMK
Negeri 1 Kademangan, SMK Negeri 3 Kota Blitar, dan SMK Islam 1 Kota
Blitar. Teknik pengambilan sampling secara Proporsional Random
Sampling dengan menggunakan rumus slovin didapatkan sampel
sejumlah 244 guru. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner (angket) berupa pernyataan dengan skor dari
setiap jawaban menggunakan skala likert. Selain itu, untuk memperkuat
hasil penelitian pengumpulan data juga ditambah dengan wawancara dan
observasi. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan
aplikasi SEM-PLS dan hasilnya dibahas secara statistik deskriptif dan
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan
transformasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru,
budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru,
kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap
komitmen kerja guru di era merdeka belajar, budaya organisasi
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di era merdeka belejar,
komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di era
merdeka belajar, komitmen kerja mampu memediasi antara gaya
kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di era merdeka
belajar, komitmen kerja mampu memediasi antara budaya kerja terhadap
kinerja guru di era merdeka belajar. Dalam penelitian ini juga
mengindikasikan bahwa faktor kepemimpinan transformasional mampu
menciptakan budaya organisasi yang positif dan menumbuhkan komitmen
kerja bawahan sehingga membawa dampak baik terhadap kinerja guru
dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah. | en_US |