dc.description.abstract | Terwujudnya loyalitas pelanggan akan berdampak positif
terhadap perusahaan karena pelanggan akan terus menggunakan
jasa dalam jangka waktu yang lama. Loyalitas pelanggan dapat
tumbuh disebabkan oleh kepuasan pelanggan. Dan loyalitas
pelanggan dapat tercipta oleh beberapa faktor, antara lain adalah
kualitas layanan, promosi, dan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dam menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan yang di
mediasi oleh kepuasan pelanggan pada lembaga kursus di magenta
english course. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini siswa yang kursus di Magenta English
Course. Sampel yang digunakan sebanyak 105 responden serta
kuisioner sebagai alat pengumpulan data responden. Metode analisis
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least
Square (PLS) dengan uji koefisien outer model dan inner model dan uji
sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan memiliki
pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan
pelanggan sebagai variabel intervening, dan promosi secara tidak
langsung signifikan terhadap variabel loyalitas melalui kepuasan
pelanggan. | en_US |