dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar sarjana, untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan pemberian bonus target penjualan terhadap motivasi kerja karyawan, dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadapa motivasi kerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 30 orang yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja (X1) berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan (Y) dengan nilai thitung > ttabel (4,579 > 2,052) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pemberian bonus target penjualan (X2) berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan (Y) dengan nilai thitung > ttabel (4,232 > 2,052) dan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja dan pemberian bonus target penjualan berpengaruh secara simultam terhadap motivasi kerja karyawan dengan perolehan Fhitung > Ftabel yaitu 13,170 > 3,354 dan Sig. F 0,000 < 0,05. Hasil uji analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan adalah lingkungan kerja dengan nilai koefisien beta paling besar yaitu 0,682.
Kata Kunci : lingkungan kerja, pemberian bonus target penjulan, dan motivasi kerja karyawan | en_US |