dc.description.abstract | Saat ini pendidikan di Indonesia menerapkan kurikulum merdeka belajar.
Terdapat beberapa tuntutan dalam kurikulum tersebut yaitu (1) menuntut adanya
keterlibatan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) dalam proses pembelajaran,
(2) menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, serta (3)
memfokuskan pada literasi atau kemahiran wacana melalui penguasaan jenis-jenis
teks. Secara tidak langsung untuk memenuhi tuntutan tersebut pelaku pendidikan
dalam hal ini guru harus mampu berinovasi. Salah satu bentuk inovasi tersebut
adalah membuat modul elektronik yang mampu membuat peserta didik berpikir
kritis dan mampu belajar secara mandiri. Penelitian ini berupaya mengembangkan
bahan ajar berupa modul elektronik interaktif (e-modin) teks persuasi berkonten
cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMP menggunakan aplikasi canva. Canva
merupakan sebuah aplikasi editor yang digunakan untuk membuat modul berupa
teks menjadi modul elektronik yang dapat disimpan pada gawai yang dimiliki
guru maupun siswa sehingga lebih mudah dan praktis.
Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya e-modin teks persuasi berkonten
cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMP. Adapun tujuan khusus penelitian ini
adalah mengkaji untuk memperoleh deskripsi dan eksplanasi objektif tentang
kebutuhan e-modin, proses pengembangan produk e-modin, dan kalayakan e modin teks persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMPI Al
Fattahiyyah Tulungagung yang terintegrasi dengan ayat al-qur’an dan hadis nabi,
sehingga siswa selain mencapai KD pembelajaran teks persuasi, siswa juga
memiliki pemahaman, sikap, dan perilaku positif dalam menjaga lingkungan
hidup.
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah adaptasi prosedur
pengembangan (Borg & Gall, 1989). Adapun langkahnya yaitu (1) pengumpulan
informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5)
revisi produk. Subjek penelitian ini adalah ahli perancangan pembelajaran, ahli
materi/isi, ahli kebahasaan, ahli media, pengguna (guru), dan pengguna (siswa).
Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian yang dinilai oleh ahli
perancangan pembelajaran, ahli materi/isi, ahli kebahasaan, ahli media, pengguna
(guru), dan pengguna (siswa).
Hasil penelitian ini adalah mengkaji kebutuhan e-modin, proses
pengembangan produk e-modin, dan kalayakan e-modin teks persuasi berkonten
cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMPI Al Fattahiyyah Tulungagung.
Adapun hasil uji coba menunjukkan bahwa, pertama yaitu penilaian ahli perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 92% dengan kategori
“sangat layak”. Yang kedua yaitu penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil
penilaian sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. Yang ketiga yaitu
penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian sebesar 92% dengan kategori
“sangat layak”. Keempat penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar
92% dengan kategori “sangat layak”.
Selain dinilai oleh para ahli, produk juga dinilai oleh pengguna baik itu
guru maupun peserta didik. Penilaian yang dilakukan pengguna guru terbagi
menjadi tiga aspek yaitu aspek materi/isi, aspek kebahasaan, dan aspek media.
Penilaian aspek materi/isi diperoleh hasil sebesar 94% dengan kategori “sangat
layak”. Penilaian aspek kebahasaan diperoleh hasil sebesar 93% dengan kategori
“sangat layak”. Sedangkan penilaian aspek media diperoleh hasil sebesar 98%
dengan kategori “sangat layak”. Berikutnya penilaian dari pengguna peserta didik,
diperoleh hasil penilaian sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Dengan
perolehan tersebut, maka dapat dikategorikan bahwa produk e-modin teks
persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMP sangat layak
digunakan dalam proses pembelajaran.
Sesuai dengan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan,
pengembang menyarankan agar guru dapat menggunakan media ini sesuai dengan
petunjuk yang telah disediakan. Sedangkan bagi pengembang selanjutnya,
hendaknya mempertimbangkan teks lain yang belum dikembangkan dan
pengembangan ini dapat digunakan sebagai referensi agar dapat membuat media
yang lebih baik dan bermanfaat | en_US |