Show simple item record

dc.contributor.authorNafal, Qoyyimun
dc.date.accessioned2023-07-03T07:43:01Z
dc.date.available2023-07-03T07:43:01Z
dc.date.issued2023-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7486
dc.description.abstractSaat ini pendidikan di Indonesia menerapkan kurikulum merdeka belajar. Terdapat beberapa tuntutan dalam kurikulum tersebut yaitu (1) menuntut adanya keterlibatan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) dalam proses pembelajaran, (2) menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, serta (3) memfokuskan pada literasi atau kemahiran wacana melalui penguasaan jenis-jenis teks. Secara tidak langsung untuk memenuhi tuntutan tersebut pelaku pendidikan dalam hal ini guru harus mampu berinovasi. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah membuat modul elektronik yang mampu membuat peserta didik berpikir kritis dan mampu belajar secara mandiri. Penelitian ini berupaya mengembangkan bahan ajar berupa modul elektronik interaktif (e-modin) teks persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMP menggunakan aplikasi canva. Canva merupakan sebuah aplikasi editor yang digunakan untuk membuat modul berupa teks menjadi modul elektronik yang dapat disimpan pada gawai yang dimiliki guru maupun siswa sehingga lebih mudah dan praktis. Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya e-modin teks persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMP. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mengkaji untuk memperoleh deskripsi dan eksplanasi objektif tentang kebutuhan e-modin, proses pengembangan produk e-modin, dan kalayakan e modin teks persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMPI Al Fattahiyyah Tulungagung yang terintegrasi dengan ayat al-qur’an dan hadis nabi, sehingga siswa selain mencapai KD pembelajaran teks persuasi, siswa juga memiliki pemahaman, sikap, dan perilaku positif dalam menjaga lingkungan hidup. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah adaptasi prosedur pengembangan (Borg & Gall, 1989). Adapun langkahnya yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) revisi produk. Subjek penelitian ini adalah ahli perancangan pembelajaran, ahli materi/isi, ahli kebahasaan, ahli media, pengguna (guru), dan pengguna (siswa). Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian yang dinilai oleh ahli perancangan pembelajaran, ahli materi/isi, ahli kebahasaan, ahli media, pengguna (guru), dan pengguna (siswa). Hasil penelitian ini adalah mengkaji kebutuhan e-modin, proses pengembangan produk e-modin, dan kalayakan e-modin teks persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMPI Al Fattahiyyah Tulungagung. Adapun hasil uji coba menunjukkan bahwa, pertama yaitu penilaian ahli perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”. Yang kedua yaitu penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. Yang ketiga yaitu penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”. Keempat penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”. Selain dinilai oleh para ahli, produk juga dinilai oleh pengguna baik itu guru maupun peserta didik. Penilaian yang dilakukan pengguna guru terbagi menjadi tiga aspek yaitu aspek materi/isi, aspek kebahasaan, dan aspek media. Penilaian aspek materi/isi diperoleh hasil sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. Penilaian aspek kebahasaan diperoleh hasil sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan penilaian aspek media diperoleh hasil sebesar 98% dengan kategori “sangat layak”. Berikutnya penilaian dari pengguna peserta didik, diperoleh hasil penilaian sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Dengan perolehan tersebut, maka dapat dikategorikan bahwa produk e-modin teks persuasi berkonten cinta lingkungan bagi siswa kelas VIII SMP sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, pengembang menyarankan agar guru dapat menggunakan media ini sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan. Sedangkan bagi pengembang selanjutnya, hendaknya mempertimbangkan teks lain yang belum dikembangkan dan pengembangan ini dapat digunakan sebagai referensi agar dapat membuat media yang lebih baik dan bermanfaaten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjecte-modinen_US
dc.subjectteks persuasien_US
dc.titlePengembangan E-Modin Teks Berkonten Cinta Lingkungan bagi Siswa Kelas VIII SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record