dc.description.abstract | Pendidikan selalu mengalami pergeseran bahkan perubahan. Salah satu
penyebabnya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang tanpa
disadari bersaaman dengan adanya penurunan semangat motivasi belajar peserta
didik. Pergeseran dan perubahan karakter dan motivasi belajar yang seperti inilah
yang akhirnya mempengaruhi keberhasilan dari nilai pendidikan.
Peserta didik merupakan objek sekaligus subyek dari pendidikan,
sehingga mutu pendidikan yang akan dicapai tidak terlepas dengan ketergantungan
terhadap kondisi fisik, tingkah laku, dan bakat minat peserta didik. Maka, pemberian
stimulus dari pendidik berupa pemberian apresiasi dan hukuman akan sangat
mempengaruhi cara berpikir dan tingkah laku peserta didik dalam mencapai tujuan
pendidikan karakter yang sudah ditetapkan. Dalam rangka mewujudkan pembentukan
karakter kedisiplinan bagi peserta didik, maka pendidikan yang ada di mendrasah
menjadi wadah yang strategis bagi pertumbuhan karakter. Reward dan punishment
merupakan alat pendidikan yang strategis dan tepat.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Hasil analisis bentuk -
bentuk penerapan reward and punishment dalam membentuk karakter peserta
didik di Madrasah Diniyah Walisongo 2) langkah yang diambil dalm penerapan
reward and punishment dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah
Diniyah Walisongo. 3) Implikasi penerapan reward and punishment dalam
membentuk karakter peserta didik di Madrasah Diniyah Walisongo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif
dengan jenis penelitian studi kasus. Dan metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dari metode tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada
melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Bentuk reward yang diterapkan dengan 1) memberikan pujian, 2) hadiah
berupa piala, piagam penghargaan, umroh 3) pemberian point positif dan 4)
penghormatan. Sedangkan bentuk punishment yang diterapkan berupa 1) teguran
dan hukuman, 2) pemberian point negatif 3) serta tinggal kelas. Langkah-langkah
pemberian reward dan punishment 1) membuat tata tertib dan memberikan
pemahaman, 2) pembiasaan 3) pengawasan, 4) pencegahan dan 5) pembinaan.
Adapun implikasi dari penerepan reward adalah 1) meningkatnya motivasi 2)
semangat belajar, 3) keaktifan mengikuti kegiatan, 4) meningkatnya kedisiplinan dan
istiqomah. Adapun implikasi dari penerapan punishment 1) memberikan efek takut 2)
memberikan efek jera serta 3) mengurangnya tingkat tinggal kelas | en_US |