Show simple item record

dc.contributor.authorRifqiyah, Lailatur
dc.date.accessioned2023-07-10T00:55:54Z
dc.date.available2023-07-10T00:55:54Z
dc.date.issued2023-06-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7491
dc.description.abstractPendidikan selalu mengalami pergeseran bahkan perubahan. Salah satu penyebabnya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang tanpa disadari bersaaman dengan adanya penurunan semangat motivasi belajar peserta didik. Pergeseran dan perubahan karakter dan motivasi belajar yang seperti inilah yang akhirnya mempengaruhi keberhasilan dari nilai pendidikan. Peserta didik merupakan objek sekaligus subyek dari pendidikan, sehingga mutu pendidikan yang akan dicapai tidak terlepas dengan ketergantungan terhadap kondisi fisik, tingkah laku, dan bakat minat peserta didik. Maka, pemberian stimulus dari pendidik berupa pemberian apresiasi dan hukuman akan sangat mempengaruhi cara berpikir dan tingkah laku peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan karakter yang sudah ditetapkan. Dalam rangka mewujudkan pembentukan karakter kedisiplinan bagi peserta didik, maka pendidikan yang ada di mendrasah menjadi wadah yang strategis bagi pertumbuhan karakter. Reward dan punishment merupakan alat pendidikan yang strategis dan tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Hasil analisis bentuk - bentuk penerapan reward and punishment dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Diniyah Walisongo 2) langkah yang diambil dalm penerapan reward and punishment dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Diniyah Walisongo. 3) Implikasi penerapan reward and punishment dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Diniyah Walisongo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bentuk reward yang diterapkan dengan 1) memberikan pujian, 2) hadiah berupa piala, piagam penghargaan, umroh 3) pemberian point positif dan 4) penghormatan. Sedangkan bentuk punishment yang diterapkan berupa 1) teguran dan hukuman, 2) pemberian point negatif 3) serta tinggal kelas. Langkah-langkah pemberian reward dan punishment 1) membuat tata tertib dan memberikan pemahaman, 2) pembiasaan 3) pengawasan, 4) pencegahan dan 5) pembinaan. Adapun implikasi dari penerepan reward adalah 1) meningkatnya motivasi 2) semangat belajar, 3) keaktifan mengikuti kegiatan, 4) meningkatnya kedisiplinan dan istiqomah. Adapun implikasi dari penerapan punishment 1) memberikan efek takut 2) memberikan efek jera serta 3) mengurangnya tingkat tinggal kelasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectReward And Punishmenten_US
dc.titleImplementasi Reward And Punishment Dalam membentuk karakter Peserta Didik Studi Kasus Di MadrasahDiniyah Puteri Walisongo Mimbaan Panji Situbondoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record