Show simple item record

dc.contributor.authorSyafitrih, Windawati
dc.date.accessioned2023-07-25T03:38:12Z
dc.date.available2023-07-25T03:38:12Z
dc.date.issued2023-04-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7588
dc.description.abstractWindawati Syafitrih. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. 17 April 2023. Pengaruh Adiksi Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi, Gangguan Cemas, Depresi dan Stres Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Pembimbing 1 : Dr. dr. H. Marindra Firmansyah, M.Med.Ed. Pembimbing 2 : Amelia Aziz Daeng, S.Psi., M. Psi., Psikolog. Pendahuluan : Masalah kesehatan mental dapat terjadi akibat penggunaan gadget yang lama sehingga terjadi adiksi. Pandemi Covid-19 berisiko menyebabkan adiksi kecanduan gadget, karena penggunaan gadget berupa smartphone berlebihan. Gangguan pada kesehatan mental terjadi karena salah satunya karena adiksi penggunaan gadget. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan deskriptif analitik cross sectional yang dilakukan pada siswa sekolah menengah pertama di kecamtan lowokwaru (n=160). Adiksi penggunaan gadget diukur menggunakan kuesioner Smartphone Addiction Scale-Short Version yang membagi kelompok adiksi tinggi dan adiksi rendah. Penentuan tingkat konsentrasi diukur dengan menggunakan tes kraepelin. Gangguan cemas, depresi dan stres diukur dengan menggunakan Kuesioner Depression Anxiety Stress Scale. Hasil akan dianalisis menggunankan metode Partial Least Square menggunakan software SmartPLS versi 4 dengan tingkat signifikansi T-Statistik > 1,97. Hasil dan Pembahasan : Pada adiksi penggunan gadget tingkat rendah sebanyak 73 siswa (45,6 %) dan tingkat tinggi sebanyak 87 siswa (54.4%). Pada gangguan cemas berat 37 siswa (23.1 %) dan 37 siswa (23.1%) dengan gangguan cemas berat sekali. Pada depresi berat 12 siswa (7,5 %) dan 4 siswa (3,1%) dengan depresi berat sekali. Pada stres berat terdapat 10 siswa (6.25 %) dan 2 siswa (1.25%) dengan stres berat sekali. Pada tingkat konsentrasi kurang sekali terdapat 13 siswa (8.1 %) dan 22 siswa (13.7%) memiliki konsentrasi kurang. Pada tingkat konsentrasi kurang sekali terdapat 13 siswa (8.1 %) dan 22 siswa (13.7%) memiliki konsentrasi kurang. Hasil uji smartPLS didapatkan adiksi penggunaan gadget terhadap gangguan cemas, stres dan depresi memiliki T-Statistik > 1,97 yang artinya signifikan mempengaruhi. Hasil uji smartPLS didapatkan adiksi penggunaan gadget terhadap tingkat konsentrasi memiliki T-Statistik > 1,97 yang artinya tidak signifikan mempengaruhi. Simpulan : Adiksi penggunaan gadget mempengaruhi gangguan cemas, depresi dan stres pada remaja namun adiksi penggunaan gadget tidak memiliki pengaruh terhadap konsentrasi remaja. Kata Kunci : Adiksi penggunaan gadget, konsentrasi, gangguan cemas, stres dan depresi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAdiksi penggunaan gadgeten_US
dc.subjectkonsentrasien_US
dc.subjectgangguan cemasen_US
dc.subjectstresen_US
dc.subjectdepresien_US
dc.titlePengaruh Adiksi Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi, Gangguan Cemas, Depresi dan Stres pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Lowokwaru Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record