Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang Pengguna Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel persepsi harga, kepercayaan konsumen terhadap minat beli. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 responden dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linear berganda serta menggunakan program SPSS16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat beli. Variabel persepsi harga terhadap minat beli secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3,903 > t tabel 1,985. Variabel kepercayaan konsumen terhadap minat beli secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,432 > t tabel 1,985. Dan variabel persepsi harga dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli secara simultan menunjukkan hasil nilai f hitung sebesar 54.276 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Bahwa dalam penelitian ini variabel persepsi harga dan kepercayaan konsumen ada pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Kata kunci: persepsi harga, kepercayaan konsumen, minat beli.