dc.description.abstract | Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam meningkatkan sumber daya manusia perlu adanya mutu pendidikan yang berkualitas. Namun untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas tentu saja harus menghadapi banyak persoalan yang muncul dalam dunia pendidikan salah satunya yakni terkait dengan permasalahan dalam pengelolaan pembelajaran.
Berdasarkan observasi dan wawancara mengenai strategi pengelolaan pembelajaran tematik kelas 1A di MI Khadijah Malang dapat diketahui bahwasannya dalam melakukan pengelolaan kelas perlu adanya penyusunan atau perencanaa, dan strategi yang harus dilakukan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah suatu pembelajaran yang dalam pelaksanaanya melibatkan siswa secara aktif seperti membuat ekperimen-ekperimen secara bersama-sama saat pmbelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung dan bermakna kepada siswa dengan menggunakan media-media pembelajaran tertentu.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penyusunan pegelolaan pembelajaran tematik oleh guru, pelaksanaan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, serta kendala yang dialami guru dalam mengelola pembelajaran tematik. Untuk mencapai tujuan dari penelitian diatas dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MI Khadijah Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara yang mana melalui tanya jawab secara lisan dengan informan, dan observasi dimana peneliti melakukan pengamatan secara langsung terkait dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan, serta terakhir dokumentasi yakni mencari data dengan foto atau dokumen penting dan lain sebagainya terkait dengan penelitian yang dilakukan.
Temuan yang di dapatkan pada pembelajaran tematik bahawasannya strategi pengelolaan pembelajaran tematik kelas 1A di MI Khadijah ini diawali dengan menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran, silabus sebagai pedoman dalam pembelajaran. Kemudian menentukan model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, salah satunya yakni menggunakan model discovery learning yang mana dalam kegiatan pembelajarannya dengan melakukan eksperimen-eksperimen sehingga pembelajaran berpusat sepenuhnya pada peserta didik sedangkan guru hanya dijadikan sebagai fasilitator. Serta menggunakan pendekatan saintifik dalam menyajikan pembelajaran. Berikutnya berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran, media yang sering digunakan guru sangat bervariatif sesuai dengan kebutuhan belajar. Media pembelajaran tersebut diantaranya: video pembelajaran, buku paket tematik, gambar, menggunakan lingkungan sekitar dan sebagainya. Selanjutnya berkaitan dengan kendala yang dialami oleh guru dalam pengelolaan pembelajaran tematik ini terdiri dari: disiplin belajar siswa, suasana hati atau mood belajar serta ruang kelas yang sempit.
Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik. | en_US |