UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 121-140 of 235
-
Analisis Kebutaan Metakognitif Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Materi SPLTV Kelas X SMA dalam Pembelajaran Hybrid
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Pada kehidupan new normal, terdapat sebagian pihak sudah melaksanakan model kehidupan tersebut dengan salah satunya pada bidang pendidikan dengan menerapkan pembelajaran hybrid. Pembelajaran hybrid adalah model pembelajaran ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Adversity Quotient pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Kemampuan koneksi matematis diperlukan peserta didik dalam mempelajari berbagai topik matematika yang saling terkait antara teori satu dengan teori lain dan juga permasalahan satu dengan permasalahan lainnya. Kemampuan ... -
Profil Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Aritmetika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Profil berpikir kreatif menjabarkan sekumpulan data yang mendeskripsikan kondisi yang sebenarnya terkait berpikir kreatif siswa. Dengan berpikir kreatif siswa mampu menyelesaikan masalah matematis dengan mampu mencari ... -
Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Bangun Datar Segitiga Kelas VII SMPN 1 Sukorejo
(Universitas Islam Malang, 2022-07-01)Proses pembelajaran di SMPN 1 Sukorejo, Sukorejo, Pasuruan, belum diarahkan pada pengembangan kemampuan literasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya hasil pretest kemampuan literasi matematis yang ... -
Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Self-efficacy Peserta Didik
(Universitas Islam Malang, 2022-06-06)Kemampuan komunikasi matematis tulis sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai dengan baik apabila peserta didik memiliki kemampuan ... -
Pengembangan E-modul Matematika Interaktif Berbasis Etnomatematika Lampung pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)E-modul interaktif merupakan versi elektronik dari modul cetak yang terdapat program interaktif dan diakses melalui komputer atau handphone untuk memfasilitasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Multiple Solution Task Ditinjau dari Self- Regulated Learning Siswa Kelas VII-B SMP Diponegoro Tumpang
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)Pentingnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa yaitu sebagai cara menghasilkan ide-ide yang dapat diterapkan tidak hanya dalam pembelajaran matematika tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk ... -
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Kelas XI SMA Surya Buana
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar matematika terkhusus dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Dengan peserta didik memiliki kemampuan berpikir ... -
Analisis Penalaran Induktif Siswa Kelas VIII SMP Islam Fatahillah dalam Menyelesaikan Masalah Pola Geometris Ditinjau dari Self-concept
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu menggunakan penalaran yang baik dan hendaknya guru membimbing siswa untuk bisa mengembangkan kemampuan penalaran baik dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X PS 3 SMK Negeri 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Salah satu dari standar kemampuan dasar matematika yang ditetapkan NCTM yaitu kemampuan koneksi matematis. Masih terdapat sekitar 50% peserta didik kelas X PS 3 SMKN 2 Malang mengalami kesulitan dalam mengkoneksikan masalah ... -
Analisis Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Dau
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)Pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif sangat penting dimiliki oleh peserta didik meskipun kemampuan-kemampuan yang lainnya juga harus dimiliki. Bukan hanya dimiliki, tetapi juga harus diasah agar pemahaman ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Berbasis Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 18 Malang
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Bahrul Maghfiroh Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
(Universitas Islam Malang, 2022-07-20)Kemampuan berpikir kritis matematis yang dimaksud ialah mampu memahami, mengolah informasi, menentukan penyelesaian masalah, serta menentukan keputusan yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Kemampuan berpikir ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Berdasarkan Tingkat Perkembangan Intelektual Piaget di SMP Negeri 2 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Penggunaan matematika memang sangat dibutuhkan dibanyak bidang kehidupan. Peserta didik akan mudah dalam memahami matematika ketika mampu memecahkan masalah nyata. Pada kehidupan sehari-hari sangat mungkin apabila peserta ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Powtoon Berbasis Kearifan Lokal Tuban pada Materi Aplikasi Turunan Kelas XI SMK
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Media pembelajaran matematika merupakan media yang digunakan penyampaian pesan pendidik kepada peserta didik dalam pembelajaran matematika. Selain pemilihan media agar mempermudah pemahaman materi, peserta didik juga ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-12-20)Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika dan perlu dimiliki oleh setiap peserta didik. Dengan adanya kemampuan komunikasi matematis yang baik dapat membantu peserta didik dalam memahami ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Maron
(Universitas Islam Malang, 2022-04-16)Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam pelajaran matematika sebab dapat melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya antara lain membangun pengetahuan matematika yang baru, memecahkan masalah dalam ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Materi Bangun Ruang Prisma Ditinjau dari Self Regulated Learning Kelas VIII MTs Darul Ulum Bangkalan
(Universitas Islam Malang, 2022-04-16)Pelajaran matematika dan penalaran matematis adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, keduanya selalu berkaitan karena untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematis itu diperlukan adanya penalaran dan kemampuan ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Himpunan Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2022-04-16)Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam memahami materi matematika dan menyelesaikan permasalahan matematika. Penalaran matematis mempunyai peranan penting bagi peserta ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Nilai Mutlak Ditinjau Gaya Kognitif (FI & FD) Serta Motivasi Belajar (Studi Kasus pada Kelas 11 SMA Islam Sabilurrosyad Gasek)
(Universitas Islam Malang, 2022-01-20)Kurikulum 2013 lebih diarahkan untuk membekali peserta didik sejumlah kompetensi yang dibutuhkan menyongsong abad ke-21 di antaranya yakni berpikir kreatif. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika merupakan kemampuan dalam ...