UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 141-160 of 235
-
Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Berbantuan Software Ispring pada Materi Lingkaran Kelas XI SMA/MA
(Universitas Islam Malang, 2022-07-13)Bahan ajar digital merupakan bahan ajar yang telah dirancang sedemikian rupa agar dapat menginformasikan materi dan mempunyai interaksi kepada penggunanya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru yang melibatkan 2 guru ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematis Ditinjau dari Mathematical Belief
(Universitas Islam Malang, 2022-06-06)Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran matematika, dimana peserta didik dapat menganalisis pemikirannya sendiri untuk memutuskan suatu pilihan dan menarik kesimpulan. Kemampuan ... -
Pengembangan Buku Elektronik Berbasis 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) Bermuatan Literasi Digital pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Negeri 7 Nganjuk
(Universitas Islam Malang, 2022-07-26)Media yang digunakan dalam Pembelajaran matematika sangat penting dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pendidik matematika dan peserta didik di MTs Negeri 7 Nganjuk, 85.4% pendidik setuju dengan ... -
Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Picture, Symbol, Application) Menggunakan Media Visual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII SMP Islam Gandusari
(Universitas Islam Malang, 2022-06-29)Pembelajaran matematika adalah serangkaian proses kegiatan dalam mempelajari konsep matematika dan struktur-struktur matematika yang melibatkan pendidik dan peserta didik dalam usaha mencapai kompetensi dasar yang telah ... -
Pengaruh Kemampuan Representasi dan Penalaran Siswa terhadap Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sudut Kelas VII MTs. Istikmalunnajah Pasongsongan
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Pemecahan masalah matematis adalah proses berpikir untuk melakukan penyelesaian matematis dengan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki melalui tahap-tahap penyelesaian masalah matematika.Aspek penting ... -
Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal Peserta Didik Kelas VIII MTs NU Menara Bawean
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan matematika yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan. Kemampuan peserta didik untuk menyampaikan informasi dengan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Fully Online Learning dengan Menggunakan Aplikasi Screencast O Matic Dan Media Kahoot Pada Materi Peluang Kelas VIII Mts.TMI Pujon
(Universitas Islam Malang, 2021-08-28)Pendidikan memiliki peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak besar bagi dunia pendidikan. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ... -
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sudut Kelas VII SMP Islam Paiton
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus di kuasai siswa agar dapat memahami masalah, menyusun pemecahan masalah, memecahkan masalah dan meninjau kembali hasil dari suatu masalah matematika yang dihadapi. ... -
Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau dari Self Regulated Learning
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan representasi merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu hal yang mendukung kemampuan representasi matematis peserta didik adalah perlunya penguatan ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XII MAN 2 Pasuruan
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk menghasilkan atau mengembangkan suatu hal baru dengan kata lain sesuatu yang berbeda dari ide-ide yang telah dihasilkan sebelumya. Setiap masalah matematika tidak lepas ... -
Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan representasi matematis sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan representasi matematis, peserta didik dapat menyelesaikan berbagai permasalahan matematis ... -
Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Kemampuan Berpikir Intuitif Pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-12-18)Memiliki kemampuan mengemukakan ide atau gagasan secara langsung (intuitif) dan pemahaman konsep menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Dalam mengemukakan ide atau gagasan tentunya didasari dengan pemahaman ... -
Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif (Field Dependent, Field Intermediate dan Field Independent) Kelas VIII MTs. Al Khoirot
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Pemahaman konsep adalah derajat pemahaman seseorang yang membuat mampu menjelaskan, menguraikan, dan menggolongkan suatu objek, dan mampu mengaitkan dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Pada pembelajaran matematika ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Dengan Menggunakan Moodle Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP/MTs
(Universitas Islam Malang, 2022-01-24)Pembelajaran berbasis web merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media website sebagai proses pembelajaran yang diakses secara online melalui teknologi jaringan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan ... -
Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis RME dan Bermuatan PPK pada Materi Jajargenjang Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2021-12-18)E-modul merupakan media pembelajaran menggunakan bantuan teknologi dan bersifat self-instructional yang hanya memuat satu materi pembelajaran dan lebih mengutamakan kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran. ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII MTs SA Kebon Dalem Ditinjau dari Self Confidence pada Topik Aritmatika Sosial
(Universitas Islam Malang, 2021-01-08)Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang sangat penting yang dibutuhkan oleh siswa karena penalaran matematis akan membantu siswa dalam menyimpulkan dan membuktikan suatu pernyataan permasalahan, membangun ... -
Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Menggunakan Camtasia studio dan Powerpoint pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs
(Universitas Islam Malang, 2021-12-04)Rendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik dikarenakan penggunaan media pembelajaran seperti video pembelajaran di era pandemi saat ini kurang maksimal. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran yang ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Badridduja Full Day School
(Universitas Islam Malang, 2022-01-08)Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan peserta didik dengan segenap pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya dalam upaya memecahkan suatu masalah matematika yang tidak secara langsung dapat dipecahkan ... -
Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika Kelas VIII SMPN 1 Arjasa
(Universitas Islam Malang, 2021-07-27)Kemampuan penalaran matematika merupakan proses berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan matematika berdasarkan fakta dan sumber yang relevan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematika adalah ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(Universitas Islam Malang, 2022-01-10)Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu proses berpikir untuk mengatasi suatu masalah dengan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumya. Dalam memecahkan masalah, peserta didik dapat menyelesaikan proses ...