UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 161-180 of 235
-
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Masa Pembelajaran Daring
(Universitas Islam Malang, 2022-01-08)Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan dalam pelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis mengacu pada pemahaman yang terintegrasi dengan ide-ide matematika. Peserta ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Video SmoothDraw pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2022-02-16)Pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 mendisrupsi dengan cepat bidang pendidikan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang bersifat interaktif ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Materi Kubus Kelas VIII MTs Mambaul Ulum
(Universitas Islam Malang, 2021-12-18)Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik sangat dibutuhkan dalam proses ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning pada Materi Statistika Peserta Didik KelasVIII SMP Negeri 6 Sumenep
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan berpikir yang dilakukan peserta didik untuk meningkatkan potensi intelektual dan rasa percaya diri dalam menyelesaikan persoalan matematika sehingga peserta didik ... -
Profil Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kelompok Peminatan
(Universitas Islam Malang, 2021-08-27)Kemampuan penalaran matematis peserta didik dibutuhkan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berupa soal cerita. Peserta didik dikategorikan memiliki penalaran yang baik apabila memenuhi semua ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji
(Universitas Islam Malang, 2021-08-28)Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan koneksi matematis akan membantu peserta didik untuk mengetahui hubungan berbagai konsep dalam ... -
Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) Materi Statistika pada Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu
(Universitas Islam Malang, 2021-07-22)Pemahaman konsep memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika karena menjadi kemampuan mendasar yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar konsep-konsep matematika selanjutnya. Oleh sebab itu, perlu adanya ... -
Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Aritematika Sosial Kelas VII Mts Darussalam Daun
(Universitas Islam Malang, 2021-07-09)Matematika berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu matematika menjadi salah satu pelajaran wajib yang harus diajarkan di semua jenjang sekolah formal. Tujuan pada akhir pembelajaran adalah menciptakan ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanokaka
(Universitas Islam Malang, 2022-01-08)Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu dari kemampuan matematis lainnya yang harus dikuasai oleh siswa, khususnya siswa jenjang sekolah menengah. Pemecahan masalah matematis merupakan proses untuk ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Materi Himpunan Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Pakisaji
(Universitas Islam Malang, 2021-08-27)Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang termasuk dalam kurikulum dan tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menemukan banyak kemungkinan ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Trawas
(Universitas Islam Malang, 2021-07-27)Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik karena dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Setiap peserta didik tentunya memiliki ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Self Confidence pada Materi Peluang Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan berpikir kreatif akan membantu peserta didik untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry dengan Menggunakan Media Matlab pada Materi Statistika untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Batu
(Universitas Islam Malang, 2021-12-18)Pembelajaran model guided inquiry perlu dikembangkan untuk mengatasi rendahnya hasil TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) di Indonesia. Oleh karena itu, pendidik harus lebih mempersiapkan proses ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Matematis Masalah Open Ended pada Materi Perbandingan Ditinjau Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII A Mts Ash-Sholihuddin Dampit
(Universitas Islam Malang, 2021-12-18)Komunikasi matematis merupakan proses menyampaikan dan menerima hasil pemikiran seseorang kepada orang lain. Berpikir kreatif matematis merupakan proses berpikir yang kompleks untuk menyelesaikan permasalahan matematika ... -
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Statistika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Almaarif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2021-07-22)Kemampuan penalaran matematis sangat penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika, karena peserta didik yang mempunyai kemampuan penalaran yang baik akan mudah memahami materi matematika dan sebaliknya jika ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Materi Himpunan Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk menghasilkan pendapat baru dalam menyelesaikan masalah. Kecerdasan logis matematis siswa mempunyai peran penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self Efficacy Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Kelas VIII SMP Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau
(Universitas Islam Malang, 2022-01-20)Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang peserta didik, karena pada dasarnya dalam menyelesaikan suatu permasalahan peserta didik dituntut untuk menemukan ... -
Pengaruh Disposisi Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Islam Wajak
(Universitas Islam Malang, 2021-07-22)Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah prasyarat atau dasar dalam pembelajaran matematika, karena konsep satu dengan konsep lainnya saling berkaitan. Aspek penting yang dapat mendukung kemampuan pemahaman konsep adalah ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Minat Belajar pada Soal-soal Open Ended Materi Peluang Peserta Didik Kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya Kalimantan Tengah
(Universitas Islam Malang, 2021-12-18)Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan peserta didik untuk menemukan dan mengungkapkan ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakis
(Universitas Islam Malang, 2021-10-23)Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian penting yang harus dikuasai oleh peserta didik karena dapat membantu peserta didik dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. ...