UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 181-200 of 235
-
Analisis Kemampuan Pemahamahamn Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Peserta Didik Kelas VIII MTS Ash-Sholihuddin Dampit
(Universitas Islam Malang, 2021-07-09)Pemahaman konsep merupakan sangat penting dalam pembelajaran matematika karena sebelum peserta didik mengerjakan soal matematika peserta didik diharapkan memiliki pemahaman terlebih dahulu dan harus memiliki pemahaman yang ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Math Class Berbasis Website Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Peserta Didik Kelas X SMA Islam Almaarif Singosari
(Universitas Islam Malang, 2021-08-20)Media pembelajaran merupakan bagian yang mendukung proses pembelajaran. berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap satu guru matematika dan 17 peserta didik dari SMA Islam Almaarif Singosari, secara ... -
Pengaruh Self Efficacy dan Independent Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII SMP YBPK Pujiharjo
(Universitas Islam Malang, 2022-01-08)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu diantara banyaknya kemampuan matematis yang harus dan perlu dikuasai oleh siswa. Satu diantara beberapa faktor yang dapat dinilai mampu mempengaruhi ... -
Kegagalan Metakognitif Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Moyo Utara dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial
(Universitas Islam Malang, 2021-07-16)Metakognitif adalah kemampuan berpikir peserta didik dalam melakukan proses berpikir. Terdapat tiga aspek dalam metakognitif yaitu planning, monitoring dan evaluation. Aktivitas-aktivitas ini disebut sebagai strategi ... -
Model Pembelajaran POE2WE Bebantuan E-Module Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar Kelas XI SMA Widyagama Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-07-22)Pemahaman konsep di kelas XI IPS SMA Widyagama Malang masih terbilang rendah. Hal ini dilihat dari nilai ulangan harian peserta didik yang berkaitan dengan pemahaman konsep terbilang cukup rendah dengan rata-rata 60,43 ... -
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Padlet dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Kelas XI
(Universitas Islam Malang, 2021-07-15)Multimedia interaktif merupakan sebuah tampilan dari multimedia yang telah dirancang agar dapat menginformasikan pesan dan mempunyai interaksi ke para penggunanya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk
(Universitas Islam Malang, 2021-07-22)Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik, karena kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi pada kehidupan sehari-hari yang ... -
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dalam Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Self Concept Siswa di MTs Al-Amin Poncokusumo Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-07-29)Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan siswa untuk mengaitkan peristiwa/kejadian dalam kehidupan sehari-hari dengan materi pelajaran dan mengkaitkan antar konsep dalam matematika itu sendiri. Salah satu aspek yang ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Kemampuan Matematis Peserta Didik
(Universitas Islam Malang, 2021-04-26)Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh masing-masing peserta didik karena pada dasarnya peserta didik dituntut untuk berusaha sendiri dalam menemukan penyelesaian dari suatu masalah dengan ... -
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Perbandingan Kelas VII Ditinjau dari Kecerdasan Logis
(Universitas Islam Malang, 2022-03-07)Kemampuan berpikir kritis akhir- akhir ini menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh semua peserta didik karena dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan semua persoalan khususnya pada mata pelajaran matematika. ... -
Profil Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
(Universitas Islam Malang, 2022-02-16)Kecemasan matematika merupakan suatu kondisi tidak nyaman seperti perasaan khawatir dan tegang ketika dihadapkan pada suatu masalah matematika. Terdapat tiga tingkatan kecemasan matematika yaitu kecemasan berat, kecemasan ... -
Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP PGRI Wonotirto
(Universitas Islam Malang, 2021-05-29)Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan kencangnya arus globalisasi dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Dibutuhkan usaha untuk mengembangkan kemampuan penalaran dan komunikasi agar ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Gaya Belajar Visual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Mts. Hidayatul Mubtadiin
(Universitas Islam Malang, 2022-02-16)Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu kemempuan peserta didik untuk mencari jalan keluar yang dilakukan secara individu agar mencapai tujuan, sangat memerlukan kesiapan, juga kreativitas, pengetahuan dan ... -
Penerapan Kolaborasi Metode Pembelajaran Cooperative Script dan Multiple Solution Task untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII MTs Al-Ma’arif 02 Singosari
(Universitas Islam Malang, 2021-07-07)Dalam pembelajaran matematika pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting yang harus dimiliki pesertadidik. Rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh ... -
Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Nusantara Probolinggo
(Universitas Islam Malang, 2021-07-27)Berdasarkan observasi dan wawancara guru pendahuluan di MTs Nusantara Probolinggo, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik yaitu kesempatan peserta didik untuk merumuskan sendiri konsep matematis ... -
Hubungan Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VIII SMP Kristen Waikabubak Materi Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2020/2021
(Universitas Islam Malang, 2021-07-27)Pada mata pelajaran matematika, kemampuan yang harus dimiliki seorang peserta didik adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan ini tidak lepas dari beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi belajar dan kepercayaan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII B SMP N 14 Halmahera-Tengah Tahun Pelajaran 2020-2021
(Universitas Islam Malang, 2021-07-28)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pendidik matematika kelas VII SMP N 14 Halmahera Tengah, diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik masih ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Matematika
(Universitas Islam Malang, 2021-05-29)Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah penting untuk diperhatikan. Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik setelah belajar matematika. Tujuan pembelajaran ... -
Analisisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 1 Wajak berdasarkan Motivasi Berprestasi
(Universitas Islam Malang, 2021-01-16)Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian penting yang harus dikuasai oleh peserta didik karena dapat membantu peserta didik untuk memecahkan persoalan, baik yang ada di dalam kehidupan akademik peserta didik ataupun dalam ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Fun Mathematic Learning terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2021-07-23)Pembelajaran matematika disekolah masih berpusat kepada guru atau teacher center learning yang membuat siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga peneliti melakukan penelitian eksperimen untuk ...