UT - Mathematic Education: Recent submissions
Now showing items 201-220 of 235
-
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar
(Universitas Islam Malang, 2021-07-06)Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan dasar yang esensial yang perlu dimiliki oleh peserta didik yang belajar matematika. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis, peserta didik mampu menyimpulkan apa yang ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII MTs Unggulan An-Nur Putri Bululawang
(Universitas Islam Malang, 2021-05-23)Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecakapan peserta didik dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah matematis dengan menemukan caranya sendiri. Kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki setiap peserta ... -
Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Media Geofield Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Islam 1 Batu Tahun Pelajaran 2019/2020
(Universitas Islam Malang, 2021-01-23)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dilakukan oleh peneliti dengan pendidik matematika kelas VIII SMP Islam 1 Batu, diperoleh informasi bahwa kemampuan koneksi matematika peserta didik masih tergolong ... -
Analisis Pemahaman Konsep Matematis Menurut Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Kelas Viii Mts Almaarif Sukorejo
(Universitas Islam Malang, 2021-01-21)Pemahaman konsep adalah suatu kompetensi dasar dalam belajar matematika yang meliputi kemampuan menyerap suatu materi, mengingat rumus dan konsep matematika, menerapkannya dalam kasus yang sederhana atau dalam kasus ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Berdasarkan Motivasi Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv)
(Universitas Islam Malang, 2021-01-20)Pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama yang dibutuhkan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Dalam pemecahan masalah peserta didik menerapkan dan mengintegrasikan konsep dan ketrampilan matematika serta ... -
Analisis Disposisi Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik dengan Tipe Soal PWCI (Problems with Contradictory Information)
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Disposisi berpikir kritis merupakan suatu kebiasaan dalam bertingkah dengan pola khusus dari sikap berpikir kritis apabila diberikan suatu perlakuan tertentu. Disposisi berpikir kritis matematis adalah kecenderungan pada ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa pada Materi Bilangan Kelas VII SMPN 1 Dau
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh guru dan siswa serta lingkungan belajar dengan tujuan siswa memperoleh kompetensi dalam bidang matematika. Kompetensi di bidang matematika yang harus ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri pada Materi Himpunan Kelas VII SMP 8 Muhammadiyah Batu Tahun 2020
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Pembelajaran matematika adalah suatu proses hubungan yang dilakukan oleh guru dan siswa serta lingkungan belajar dengan tujuan siswa memperoleh kompetensi dalam bidang matematika. Salah satu kompetensi di bidang matematika ... -
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Pada Materi Sistem Koordinat Ditinjau dari Self Confidence dan Gender
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan siswa dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah matematika yang tidak rutin dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Dalam memecahkan ... -
Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Group Investigation (GI) Berbasis Card Sort Dengan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Kanigoro
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Tujuan dilakukan penelitian ini sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis Card Sort dengan strategi PQ4R ... -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Lapsheuristic Dan Strategi Giving Question And Getting Answer Pada Materi Segiempat Peserta Didik Kelas Vii Smpn 1 Kanigoro
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers dengan yang menggunakan model ... -
Karakterisasi Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus
(Universitas Islam Malang, 2021-01-30)Metakognitif merupakan kesadaran tentang berpikirnya sendiri, pengetahuan tentang proses berpikirnya sendiri, kemampuan untuk memantau dan memahami kegiatan berpikirnya sendiri. Terdapat tiga proses dalam kemampaun metakognitif ... -
Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang
(Universitas Islam Malang, 2021-01-27)Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu pengetahuan yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Misalnya, menghitung dan membilang merupakan kegiatan matematika yang rutin dilakukan oleh manusia dalam kehidupan ... -
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Turunan Kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang
(Universitas Islam Malang, 2020-11-29)Kemampuan komunikasi matematika merupakan suatu keterampilan penting dalam matematika yaitu kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada teman, guru, dan lainnya melalui bahasa lisan dan ... -
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa Kelas IX di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al Hikmah yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligraf
(Universitas Islam Malang, 2020-11-26)Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi zaman di era 4.0 yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pada kemampuan berpikir kreatif matematis ... -
Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
(Universitas Islam Malang, 2020-08-10)Rendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan pemilihan media pembelajaran yang tidak mendukung. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran ... -
Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan LKPD pada Materi Fungsi untuk Peserta Didik Kelas X MA Almaarif Singosari Tahun Ajaran 2019/2020
(Universitas Islam Malang, 2020-06-13)Pembelajaran matematika adalah sebuah proses yang dilakukan oleh guru sebagai upaya agar peserta didik dapat belajar dengan mudah dalam memahami ilmu pengetahuan tentang pola-pola, penalaran yang logis, efisien dan masalah ... -
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang Bermuatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Kompetensi Abad 21 pada Materi Statistika Kelas VIII
(Universitas Islam Malang, 2020-07-10)Bahan ajar yang menarik adalah bahan ajar yang mampu mengaktifkan peserta didik untuk belajar dengan motivasi yang tinggi karena ketertarikan pada bahan ajar yang dapat menyuguhkan tampilan menarik seperti teks, ... -
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Melalui Model Anchored Instruction (AI) dengan Metode Brainstorming Berbantuan Video Pembelajaran pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTS Ma'arif Ketegan Tanggulangin
(Universitas Islam Malang, 2020-07-30)Dalam pembelajaran matematika, pemilihan model pembelajaran perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik mata pelajaran matematika MTs. Ma’arif Ketegan Tanggulangin, diperoleh hasil bahwa rendahnya ... -
Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dengan Media Cabri 3D pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP
(Universitas Islam Malang, 2020-07-03)Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru matematika kelas VIII D SMP Islam 1 Batu, diperoleh informasi bahwa kemampuan representasi matematis peserta ...