dc.description.abstract | Motivasi kerja dosen merupakan suatu kondisi yang berpengaruh
membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan
lingkungan kerja dosen dalam mencapai tujuan organisasi. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui implementasi strategi peningkatan motivasi kerja dosen
dalam layanan pembelajaran di Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin
Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat
deskriptif yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis terdiri dari tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian
(display) data dan penarikan kesimpulan. Tahap penelitian ini dilakukan secara
kualitatif melalui tahap pralapangan, tahap lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Implementasi strategi peningkatan
motivasi kerja dosen adalah dengan sosialisasi kode etik dosen, mempunyai sebuah
lembaga khusus yaitu LPM, sosialisasi aturan-aturan tentang standar kinerja,
menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban yaitu reward dan punishment. 2).
Faktor pendorong kerja dosen pertama adalah profesionalisme dosen, penghargaan,
menanamkan pola pikir dan nilai-nilai perjuangan seorang dosen. Faktor
penghambat yaitu ada faktor internal dari dosen dan faktor eksternal seperti
kolaborasi LPM dengan program studi. Selain itu, visi dan misi yang tidak satu
frekuensi dengan perjuangan yayasan, hubungan dosen dengan sesama maupun
dengan atasan, dan kondisi kerja yang tidak nyaman. 3). Konsep strategi
peningkatan motivasi kerja dosen di AKTS ini bisa dikatakan meningkat tetapi
melalui beberapa indikator. Indikator adalah pembuatan rencana pembelajaran
(RPS), bahan ajar seperti penerbitan buku atau jurnal dan juga menggunakan alat
bantu ajar berupa PPT, dan adanya sistem penilaian yang sudah sesuai dengan
standar pedoman perkuliahan. Kemampuan dosen dalam pengembangan ilmu
pengetahuan yang terus menerus seperti peningkatan penerbitan buku karya sendiri,
melakukan riset dan menghasilkan beberapa jurnal nanti akan mengacu pada
peningkatan kualitas seorang dosen. Pada akhirnya kualitas yang dimilikinya juga
dapat untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan amanat tridharma
perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada
masyarakat. | en_US |