Perancangan Sistem Kemudi Tipe Rack And Pinion Pada Mobil Hemat Energi “Haizum”

Show simple item record

dc.contributor.author Firmansyah, Bayu Azis
dc.date.accessioned 2020-12-11T02:39:28Z
dc.date.available 2020-12-11T02:39:28Z
dc.date.issued 2020-08-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/799
dc.description.abstract Mobil yang merupakan transportasi di era globalisasi terdiri dari berbagai macam sistem dan komponen yang membantu mempermudah pengoperasiannya, salah satu sistem yang terdapat pada mobil yaitu sistem kemudi, pada tiap kendaraan memiliki sistem kemudi yang beragam oleh karena itu pada perancangan kali ini akan merancang kontruksi sistem kemudi tipe rack and pinion pada mobil hemat energi “HAIZUM’” dengan spesifikasi mobil yang memiliki jarak antar sumbu roda depan dan belakang dengan panjang 130 cm, berat keseluruhan mobil 164 kg, panjang sumbu roda depan 100 cm, dan tinggi dari tanah 10 cm, mobil KMHE “HAIZUM’’ menggunakan mesin motor honda grand 100 cc dan sistem transmisi menggunakan sprocket chain. Dari hasil perancangan sistem kemudi dengan perhitungan distribusi beban yang dialami rangka sebesar 164 kg yang dibagi 4 roda menghasilkan beban merata pada rack sebesar 0,08 kg/mm dan juga defleksi yang dialami pegas akibat pembebanan sebesar 1,4 cm. Pada hasil perencanaan poros gandar dengan panjang poros 15 cm , beban roda 706 N dan menggunakan bahan baja ST 60 menghasilkan perencanaan diameter 11,87 mm maka di dapatkan spesifikasi bantalan roda dengan No.6001 yang miliki keandalan umur bantalan 29.404 jam. Hasil perancangan perhitungan beban steering wheel dengan sudut kemiringan batang kemudi 54° panjang batang kemudi 52 cm menghasilkan beban sebesar 2,39 N. Hasil yang dihitung dari perhitungan diatas mendapatkan sudut belok sebesar 23,41° dan pergeseran roda sebesar 14,82 mm. Berdasarkan regulasi teknik KMHE radius belok yang ditentukan adalah 6 m sedangkan pada mobil KMHE “HAIZUM” dengan sudut putar minimal sebesar 13,29° menghasilkan radius belok maksimal 5,190 m dan sudut putar maksimum 47,73° menghasilkan radius belok minimal 1,280 m. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Sistem Kemud en_US
dc.subject Rack and Pinion en_US
dc.title Perancangan Sistem Kemudi Tipe Rack And Pinion Pada Mobil Hemat Energi “Haizum” en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account