dc.description.abstract | Mobil yang merupakan transportasi di era globalisasi terdiri dari berbagai macam
sistem dan komponen yang membantu mempermudah pengoperasiannya, salah satu
sistem yang terdapat pada mobil yaitu sistem kemudi, pada tiap kendaraan memiliki
sistem kemudi yang beragam oleh karena itu pada perancangan kali ini akan
merancang kontruksi sistem kemudi tipe rack and pinion pada mobil hemat energi
“HAIZUM’” dengan spesifikasi mobil yang memiliki jarak antar sumbu roda depan
dan belakang dengan panjang 130 cm, berat keseluruhan mobil 164 kg, panjang
sumbu roda depan 100 cm, dan tinggi dari tanah 10 cm, mobil KMHE “HAIZUM’’
menggunakan mesin motor honda grand 100 cc dan sistem transmisi menggunakan
sprocket chain. Dari hasil perancangan sistem kemudi dengan perhitungan
distribusi beban yang dialami rangka sebesar 164 kg yang dibagi 4 roda
menghasilkan beban merata pada rack sebesar 0,08 kg/mm dan juga defleksi yang
dialami pegas akibat pembebanan sebesar 1,4 cm. Pada hasil perencanaan poros
gandar dengan panjang poros 15 cm , beban roda 706 N dan menggunakan bahan
baja ST 60 menghasilkan perencanaan diameter 11,87 mm maka di dapatkan
spesifikasi bantalan roda dengan No.6001 yang miliki keandalan umur bantalan
29.404 jam. Hasil perancangan perhitungan beban steering wheel dengan sudut
kemiringan batang kemudi 54° panjang batang kemudi 52 cm menghasilkan beban
sebesar 2,39 N. Hasil yang dihitung dari perhitungan diatas mendapatkan sudut
belok sebesar 23,41° dan pergeseran roda sebesar 14,82 mm. Berdasarkan regulasi
teknik KMHE radius belok yang ditentukan adalah 6 m sedangkan pada mobil
KMHE “HAIZUM” dengan sudut putar minimal sebesar 13,29° menghasilkan
radius belok maksimal 5,190 m dan sudut putar maksimum 47,73° menghasilkan
radius belok minimal 1,280 m. | en_US |