dc.description.abstract | Latar belakang dari penelitian ini adalah perubahan kurikulum nasional
yang menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai
‘ruh’ yang menjadi tujuan umumnya. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
menjadi salah satu mata pelajaran yang berpengaruh dalam pembentukan karakter
peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk memberikan interpretasi tentang: proses
penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar
Pancasila di SMK Negeri 1 Purwosarimodel pembelajaran Kurikulum Merdeka
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap
pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila di SMK
Negeri 1 Purwosari Pasuruan dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka terhadap pembentukan karakter
siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Purwosari
Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
narrative inquiry. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode tersebut
kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan Kurikulum
Merdeka pada mata pelajaran PAI & Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Purwosari
melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah perencanaan, dengan
mengadakan in House Training, workshop dan pelatihan-pelatihan bagi guru dan
dilanjutkan dengan menyusun Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran
dan Modul Ajar setelah mempelajari dan memahami Capaian Pembelajaran.
Tahapan kedua adalah pelaksanaan yang dibagi menjadi tahapan pra intruksional,
tahapan intruksional dan tahapan penilain. (2) Model yang digunakan dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah pembelajaran
berbasis proyek yang ciri khas Kurikulum Merdeka dengan memberikan proyek
penguatan Profil Pelajar Pancasila. (3) Evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di dalam Kurikulum Merdeka yang digunakan oleh guru
adalah jenis asesmen formatif, asesmen sumatif dan asesmen diagnostik. Selain itu
guru juga menggunakan tes lisan, tes tulis dan penilaian proyek untuk mengetahui
tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi | en_US |