Show simple item record

dc.contributor.authorAziz, Kafaa Ainul
dc.date.accessioned2023-09-05T03:53:16Z
dc.date.available2023-09-05T03:53:16Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8008
dc.description.abstractJika kita mencermati media massa, baik cetak maupun elektronik, akhir akhir ini banyak fenomena yang menunjukkan bahwa kita warga bangsa ini seakan akan bukanlah bangsa yang berpendidikan dan beradab. Penghujatan, penghinaan, saling fitnah, iri hati, tindak kriminal, korupsi, saling bunuh, pemerkosaan, narkoba, tawuran antar pelajar, dan hilangnya rasa kemanusiaan, menjadi sajian utama media massa yang tiada habisnya. Barangkali salah satu penyebabnya adalah model pendidikan di negeri ini yang orientasinya mengedepankan kecerdasan otak dan kepintaran akal semata sedang kecerdasan batin diabaikan. Akibatnya kemampuan dan aplikasi terhadap ilmu yang diperoleh tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mencari dampak dari Pendidikan yang mempunyai output yang penulis lihat mampu untuk menjawab kegelisahan dari sepua kegelisahan dari hal ini. Untuk menjawab persoalan tersebut maka di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang menawarkan Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah. Oleh sebab demikian peneliti melakukan penelitian dengan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Apa saja nilai-nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang? (2) Bagaimana proses implementasi nilai-nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang? (3) Bagaimana model implementasi nilai- nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi Naturalistic. Penelitian dalam pandangan fenomenologi memahami peristiwa dalam kaitannya dengan orang dalam situasi yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Dalam proses pengumpulan data, maka instrument utamanya adalah peneliti itu sendiri, namun demikian peneliti tetap menggunakan pedoman wawancara, pengamatan dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan proses analisis data deskriptif melalui 4 alur kegiatan yang berlangsung secara Bersama yaitu: (1) Reduksi data, (2) Paparan atau sajian data, (3) Penarikan kesimpulan, dan (4) Triangulasi dengan mendiskusikan paparan data dan hasil temuan yang telah ditemukan dilapangan. Hasil temuan penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang ini: (1) Nilai-nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah yang kami temukan sebagai hasil dari Pendidikan yang dilakuakn di pondok pesantren Miftahul Huda adalah, 1. Religious yang terbentuk dari proses taubat. 2. Mandiri yang terbentuk dari poses riyadlah yang dilakukan oleh para santri. 3. Disiplin yang terbentuk dari kegiatan tawajuhan yang diwajibkan. 4. Kejujuran yang terbentuk dari mujahadah. 5. Rendah hati yang terbentuk dari pembelajaran zuhud dilingkungan pondok. 6. Konsistensi dan keistiqomahan yang terbentuk dari kebiasaan berdzikir. 7. Usawatuh hasanah yang dipelajari di kegitan Manaqib. (2) Implementasi dari nilai-nilai Pendidikan sufistik tarekat qosiriyyah wa naqsabandiyah secara garis besar terdapat tiga hal; Pertama, Kewadhifahani, yaitu seluruh aspek kegiatan ‘ubudiyyah dalam sehari-hari, Kedua, Tarbiyyah, yaitu kegiatan pembelajaran dan penanaman ilmu yang diutamakan pada Pendidikan Sufistik baik di lembaga formal maupun lembaga non formal. Ketiga, Syi’ar Islam, ialah, seluruh kegiatan keagamaan yang bersifat umum seperti manaqiban, dzikir khususi, dan haul Akbar. (3) Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah, yaitu; Pertama, metode Ta’lim, Kedua, Model Ta’dzib, dan Model metode Uswahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilai-Nilai Pendidikan Tarekaten_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.titleImplementasi Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record